4 Cara Cepat Kaya Menurut Perspektif Hindu

HINDUALUKTA -- Pertanyaan yang sangat konyol menurut penulis ketika ada yang bertanya Bagaimana Cara Cepat Menjadi Kaya Menurut Hindu? Kenapa penulis katakan demikian karena tidak ada orang yang bisa kaya tanpa adanya usaha dan kerja keras. Kendati demikian pada tulisan ini, penulis akan membahas mengenai bagaimana cara agar menjadi kaya menurut perspektif Hindu.

Cara Cepat Kaya Menurut Hindu
Foto; Istimewa
Pengertian Kaya

Kamus besar bahasa Indonesia (KKBI) mengartikan kaya sebagai mempunyai banyak harta (uang dan sebagainya), (Online, Kbbi,web.id, 12 mei 2018). Dari arti tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa kaya adalah suatu pandangan yang ditujukan kepada orang yang memiliki harta benda banyak dan seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi. 

Kaya dalam ajaran agama Hindu disebut Artha (harta benda). Artha merupakan bagian dari Catur Purusa Arta yaitu empat tujuan hidup dalam ajaran agama Hindu yaitu dharma, artha, kama, dan Moksa. keempat tujuan hidup umat hindu, kekayaan (artha) merupakan tujuan hidup manusia. jadi tidak ada salahnya jika seorang hindu kaya, karena memang itu tujuan hidup manusia sesuai dengan konsep moksartham jagadhita ya ca iti dharma. Kebahagiaan jasmani (jagadhita) merupakan tujuan hidup seseorang.

Lalu bagaimanakah caranya menjadi kaya menurut ajaran agama Hindu? Cara menjadi kaya menurut hemat penulis akan di uraikan sebagai berikut:

Cara Menjadi Kaya Menurut Pandangan Hindu

Cara menjadi cepat kaya dalam ajaran agama Hindu tentu tidak lepas dari ajaran Catur Marga Yoga yaitu empat jalan menuju keabadian (moksa). Laju jawabannya kenapa demikian? karena menurut hemat penulis tidak ada orang yang bisa mendapatkan kebebasan jika hidupnya menderita. untuk itu sangat penting untuk memahami Catur Purusa Artha. Suatu contoh misalnya bagaimana anda dapat melakukan kebaikan kalau anda tidak mempunyai kekayaan. Coba renungkan!!!

Catatan: Kaya dalam agama Hindu bukan hanya berupa harta benda tetapi juga kaya dengan ilmu pengetahuan, etika, moral dan sebagainya.

1. Kaya Dengan Menekuni Jalan Bhakti Marga Yoga

Bhakti Marga Yoga dapat diartikan jalan menuju kebahagian dengan cara melakukan pemujaan kepada Tuhan dengan penuh ketulusan dan menyerahkan diri secara penuh kepada Brahman. Seseorang yang menekuni jalan ini dapat memperoleh keyaan tak terbatas jika melakukannya secara sungguh-sungguh.

Suatu contoh misalnya jika anda ingin memperoleh kekayaan berupa harta benda maka dapat melakukan pemujaan kepada Dewi Laksmi. Lalu pertanyaannya kenapa harus Dewi Laksmi? sebab Laksmi dalam bahasa Sanskerta berarti dewi kekayaan, Dewi kesuburan, Dewi kemakmuran, Dewi keberuntungan, Dewi kebijaksanaan,  Dewi kecantikan, dan Dewi keadilan. Dari arti nama dapat kita pahami bahwa segala bentuk yang berupa harta benda dapat diperoleh dengan menekuni pemujaan terhadap Dewi Laksmi secara tulus iklas.

Mantra-mantra yang dapat di gunakan untuk memuja Dewi Laksmi diantaranya: Mantra Gayatri Laksmi, Gayatri Mantra, Mahalaksmi Astakam, Mahalaksmi Mulamantra, dan Sri Mahalaksmi Gayatri Mantra.

Baca: 5 Mantram Untuk Memuja Dewi Laksmi Agar Cepat Kaya

Begitu pula Dewa-Dewi lainnya dapat dipuja sesuai dengan propesi yang dimiliki seseorang. misalnya jika anda seorang Pemahat atau pembuat kerajinan dapat memuja Dewa Brahma, sebab dewa Brahma merupakan perwujudan dari tuhan yang tugasnya untuk mencipta. kemudian bagi pelajar dapat memuja Dewi Saraswati atau Dewa Ganesa karena dikenal sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Ganesa sebagai Dewa Bijaksana.

Pada intinya pemujaan harus dilakukan dengan tulus iklas dan penuh dengan serah diri sepenuhnya. sebab jika tidak dilakukan dengan Sunggu-sungguh maka tidak akan pernah terwujud.

2. Cara Kaya dengan Menekuni Jalan Karma Marga Yoga

Jalan Karma Marga Yoga merupakan jalan memperoleh moksa (kebahagian) dengan cara bekerja. Orang yang menekuti jalan ini dipercaya dapat memperoleh kekayaan berlimpah jika dilakukan secara sungguh-sungguh sesuai dengan profesi dan tanpa pamrih. Sebab kerja tanpa pamrih akan membawa seseorang kedunia kerja yang menyenangkan serta menganggap kerjaan sebagai tanggung jawab. Sehingga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Lalu pertanyaannya kenapa harus jalan Karma Marga Yoga? sebab banyak orang yang bekerja mengharapkan imbalan. Akibanya mereka tidak mengerjaan kerjaan sebagai tanggung jawab. banyak orang yang memiliki gaji yang tinggi tetapi tidak mendapatkan kebahagian, seperti misalnya anggota DPR, MPR, DPD, DPRD, Gubernur dan pejabat negara lainnya. Tetapi mereka tetap saja tidak puas dengan gaji yang dimilikinya, akibatnya mereka korupsi dan akhirnya mendekam di penjarah.

Ajaran agama Hindu mengajarkan seseorang bekerja dengan Jalan Karma Marga Yoga, sebab orang Hindu percaya bahwa apa yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh, akan menghasilkan buah yang sepadan. Seperti misalnya jika anda menanam jagung maka yang akan anda panen adalah jagung. Sehingga perlu bekerja dengan penuh ketulusan, segala sesuatu yang dikerjakan dipersembahkan kepada Tuhan.

Sebab umat Hindu percaya adanya Hukum Karma, apa yang kita lakukan, itu yang akan kita dapatka.
Jalan Marga Yoga dipilih sebagai salah satu cara mendapatkan kekayaan, secara logika, bagimana anda mendapatkan kekasyaan jika tidak bekerja. Maka lakukanlah dengan tanpa adanya keterikatan. percaya bahwa Tuhan maha pengasih. Anda pasti berhasil.

3. Cara Cepat Kaya Dengan Menekuni Jalan Jnana Marga Yoga

Jnana Marga Yoga adalah jalan menuju moksa dengan menekuni ilmu pengetahuan. Jalan ini dipercaya mampu membuat seseorang menjadi kaya sebab, orang yang berpengatahuan mengetahui semua bagaimana mendapatkan harta benda. Suatu contoh misalnya di Indonesia saat ini orang yang memiliki pengetahuan lebih mudah mendapatkan kekayaan. sedangkan orang yang tidak berpengatahuan hanya bekerja menjadi pemulung dan lainnya.

Untuk itu, ajaran Hindu mengajarkan agar semua orang menekuni ilmu pengetahuan, baik pengetahuan Apara widya mau pun pengetahuan Para Widya. Sebab pengetahuan mampu membawa manusia ke Tujuan Hidup yakni moksartham jagadhita ya ca iti dharma, kebahagian di dunia dan akhirat.

Jnana marga Yoga merupakan yajna yang paling mulia dalam ajaran Hindu. Sebab dengan pengetahuan seseorang dapat terbebas dari awidya (kebodohan) sehingga mencapai kebahagiaan abadi.

4. Cara Cepat Kaya Melalui Jalan Raja Marga Yoga

Jalan Raja Marga Yoga yaitu jalan menuju moksa dengan cara pengendalikan diri dan menekuni ajaran astangga Yoga. Jalan ini dipercaya mampu membawa seseorang mencapai semua yang apa yang diinginkan termasuk kekayaan. Sebab seseorang yang mampu mencapai puncak dari ajaran Raja Marga Yoga dapat melihat masa yang lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang.

Raja marga Yoga merupakan jalan mencapai kebebasan yang paling tinggi dalam ajaran agama Hindu. Untuk itu seseorang yang ingin menempu jalan ini harus memiliki seorang pembimbing (guru). Karena jalan ini sangat berat dan susah. Hanya orang yang memiliki ketekunan dan kedisiplinan yang tinggi dapat mencapai jalan ini.

Dari keempat jalan diatas, dapat mengantarkan seseorang mencapai keyaan dan kebahagiaan. Baik kekayaan berupa harta benda maupun ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Karena pada intinya, orang merasa tidak tercukupi (miskin) sebab tak pernah mensyukuri apa yang dimilikinya. Banyak orang memiliki gaji yang tinggi tetapi tidak pernah merasa cukup, untuk itu inti dari kekayaan sebenarnya adalah mensyukuri setiap apa yang kita miliki.






Subscribe to receive free email updates: