Fakta Unik Tentang Hindu


HINDUALUKTA - Jika anda ditanya kenapa menjadi Hindu? tentu jawabannya akan berbeda dari satu orang dengan orang lain. Ada yang mengatakan karena orang tua saya Hindu. Saya terlahir sebagai Hindu. Saya percaya terhadap Hindu. Dan bahkan ada yang tidak bisa menjawab sama sekali.

Dalam Buku Stephen Knapp yang berjudul Hindu Agama Terbesar di Dunia, mengatakan bahwa alasan menjadi Hindu "Karena kita dilahirkan dalam sebuah keluarga yang memeluk Hindu", Jadi agama yang kita peluk bukanlah pilihan diri sendiri, melainkan sebuah warisan. Andai saja dalam beragama seperti bidang politik, diberikan kebebasan untuk memilih, apakah anda akan tetap memilih Hindu? Jawabannya tentu saja berbeda dari setiap orang.

Jawaban diatas tentu tidak cukup bagi Stephen Knapp, melihat latarnya terlahir dari keluarga Kristen di Amerika Serikat. Stephen Knapp mempelajari Bible sejak usia mudah dari halaman depan hingga belakang secara bolak balik. Tetapi dia menyadari bahwa banyak pertanyaanya yang tidak dapat dijawab oleh Kristen.

Pada umur 19 Tahun, Stephen Knapp akhirnya memutuskan untuk mempelajari agama-agama besar dunia. Dan kemudian dia memutuskan Masuk Hindu. Pertanyaannya kenapa Stephen Knapp memilih Hindu? Tentunya jawabanya karena Hindu merupakan agama yang unik. Adapun keunikan Hindu yang dimaksut penulis disini adalah sebagai berikut:

Hindu adalah peradaban tertua di dunia yang masih tetap Hidup; Hindu memiliki kitab suci yang paling lengkap; mempunyai filsafat spiritual yang paling maju dan paling sempurna; memberi lebih banyak informasi mengenai pengetahuan tenatng kehidupan setelah mati; karma dan reinkarnasi; menawarkan pemahaman yang paling lengkap mengenai Tuhan dan dimensi spiritual; memiliki Kata dan Perintah langsung dari Tuhan paling banyak; menawarkan bentuk-bentuk Tuhan yang paling indah dan penuh kasih sayang; memiliki guru-guru spiritual terbesar; menawarkan jalan paling langsung kepada Tuhan dan pencerahan spiritual; dan seterusnya.

Why be a Hindu: The Advantage of the Vedic Paths”, mengapa menjadi Hindu: Kelebihan jalan Veda?

Hindu melayani keperluan setiap orang yang membutuhkan. Agama Veda merupakan satu-satunya yang memiliki keluasan dan kedalaman seperti itu. Agama Hindu mengandung Dewa-dewa, Pura-pura yang suci, pengetahuan isoterik dari inti kesadaran, yoga dan disiplin meditasi.

Hindu memiliki kasih yang tulus iklas dan toleransi serta apresiasi yang murni terhadap agama-agama lain. Ia tidak dokmatik dan terbuka untuk diuji. Hindu percaya terhadap dunia yang adil dimana setiap jiwa dibimbing oleh karma kepada tujuan akhir dari persatuan jiwa dengan Tuhan atau moksha, mebas dari reinkarnasi. Ia puas akan pengetahuan tentang asal suci dari jiwa, jalanya melalui satu kehidupan dan kehidupan lainya sampai pada kedewasaan dicapainya.

Ia menawarkan bimbingan kepada semua orang yang datang meminta perlindungan kepadanya, dari orang yang tidak percaya sampai kepada maharsi yang sudah maju. Ia memiliki gudang terbesar yang berisi kitab-kitab suci dan philsafat yang ada di atas Bumi ini, dan yang paling tua pula. Hindu juga diwarisi tradisi tentang para orang suci dan maharsi, orang-orang yang telah tercerahkan, yang tak tertandingi diatas Bumi ini. Agama Hindu adalah agama terbesar di dunia.

Demikian jawaban  Satguru Sivaya Subramuniyaswami terhadap seruan Paus John Paul II kepada para Uskup dan orang-orang Katolik untuk mengkonversi orang-orang Hindu di Indi, dlaam pidatonya di New Delhi tanggal 25 Desember 1999, seperti dilansir Majalah Hinduism To-day sedisi February/ Maret/ April 2000 dengan judul Hinduism, the Greatest Religion in the World.

Nah demikian keunikan dari agama Hindu. Semoga bermanfaat.

Reff

Madrasuta, Ngakan Made. 2005. Hindu Agama Terbesar di Dunia (Hinduism, the Greatest Religion in the World), Jakarta: Media Hindu


0 Response to "Fakta Unik Tentang Hindu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel