Dapatkan Harta dengan Jalan Dharma


"Yer thah klacena mahata dharmasyatikramen va,
arerva pranipatena ma sma tesu krtha manah". (SARASAMUCCAYA Sloka 266)

Artinya

"Adalah uang yang diperoleh dengan jalan jahat (melakukan siksaan), uang yang diperoleh dengan jalan melanggar hokum ataupun uang persembahan musuh, uang yang demikian halnya jangan hendaknya diingin-inginkan".

Analisis
Dalam ajaran agama Hindu mengenal dengan idiologi yaitu Catur purusaartha yang didalamnya membahas tentang bagaimana mendapatkan artha (materi), dengan kama (nafsu)berdasarkan dharma (kebenaran)untuk mencapai moksa (keabadian). Dalam Catur purusaastha ini sudah sangat jelas mengatakan materi itu hendaknya diperoleh dengan jalan Dharma yaitu kebenaran, kebaikan dan sebagainya.

Jika materi dalam bntuk uang tersebut didapat dengan jalan yang tidak  sesuai atau menyimpang dari ketentuan Dharma seperti merampok, mencuri, maka uang tersebut tidak diperbolehkan, demikian juga halnya dalm memcari materi (uang)dengan pelanggaran hukum, seperti halnya korupsi, cara tersebut akan merugikan semua pihak Negara , masyarakat, maupun diri sendiri. Menginginkan materi (uang) dengan cara tersebut sama saja meninginkan sesuatu dengan mengabaikan nilai-nilai Dharma.

0 Response to "Dapatkan Harta dengan Jalan Dharma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel