Sejarah Stah Lampung

Stah Lampung
HINDUALUKTA-- Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Lampung adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi formal di bawah naungan Kementrian Agama Republik Indonesia. Berdiri sejak tahun 2003 di Bandar Lampung. Pada awal berdirinya STAH Lampung masih menginduk dengan STAH Dharma Nusantara Jakarta sampai dengan angkatan IV. Tahun 2007 STAH Lampung resmi berdiri sendiri dan memperoleh izin operasional dari Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI No DJ.V/PP.00.9/7 10/2007 tanggal 12 April 2007.

Sejak tahun 2006 STAH Lampung telah menempati gedung sendiri yang secara bertahap terus melengkapi sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan sejak tahun 2009 gedung STAH Lampung yang berlantai 3 selesai dibangun beserta fasilitas pendukungnya, sehingga saat ini STAH Lampung telah memiliki gedung yang representative untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademis lainnya. Penyediaan dan perluasan sarana prasarana perkuliahan masih akan terus dilakukan dan saat ini sedang diusulkan ke Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI di Jakarta. Perluasan sarana prasarana ini juga dalam rangka persiapan untuk pembukaan Program Studi S1 (baru) yaitu Ilmu Ekonomi Hindu (ARTHASASTRA), dan sedang dijajaki untuk mewujudkan pembukaan Program Pascasarjana (PPS,S2) Ilmu Agama dan Kebudayaan di tahun 2012.

Untuk menghasilkan kelulusan (output) yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi maka STAH Lampung terus menerus melakukan pengembangan kualitas SDM tenaga pengajar (dosen). Dari 25 orang dosen yang ada, 3 orang bergelar Doktor (S3), 19 orang bergelar Magister (S2) dan 3 orang Sarjana (S1). Peningkatan kulitas dosen akan terus menerus dilakukan guna memenuhi kompetensi, dan profesionalisme dosen pada masa-masa yang akan datang.

  • Visi & Misi

VISI

Pada tahun 2015 STAH Lampung menjadi perguruan Tinggi Hindu yang inspiratif, inovatif, professional dan bermartabat.

MISI

Menyelenggarakan pembelajaran guna menghasilkan guru yang professional dan bermartabat. Mewujudkan pengembangan ilmu agama, teknologi dan seni melalui penelitian guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas berkehidupan masyarakat umumnya dan komunitas pendidikan khususnya, sekaligus sebagai masukan STAH Lampung. Mewujudkan masyarakat ilmiah yang memiliki gagasan untuk menghasilkan karya inovatif berlandaskan budaya akademik yang bermartabat. Menyelenggarakan kegiatan yang berorientasi meningkatkan profesionalisme tenaga pendidikan.

TUJUAN

Menghasilkan lulusan Sarjana yang memiliki kemampuan penguasaan akademis, memahami teori kependidikan bidang ilmu agama hindu dan kebudayaan serta mampu mengaplikasikan teori-teori itu dalam membahas masalah-masalah keagamaan dan kebudayaan. Disamping itu lulusan juga diharapkan mampu mengembangkan konsep baru di bidang ilmu Agama Hindu dan kebudayaan melalui penelitian secara mandiri, multidisipliner dan terintegrasi secara professional.

MARS STAH LAMPUNG

Sekolah tinggi Agama Hindu Lampung
Pengemban pendidikan bagi umat semua
Karyamu amat mulya Membangun bangsa
Tri Dharma perguruan tinggi menjadi tekadmu
Pembentuk insan  cerdas berbudhi luhur
Berkepribadian serta bermoral suci
Meningkatkan kwalitas Sraddha dan Bhakti
Menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran
Tat twam asi dasar kami
Turut membangun pendidikan itulah semboyan kita
dalam membangun negeri
Berlandaskan Dharma Agama Hindu
STAH Lampung Jaya Selalu…

Sumber: stahlampung.ac.id

0 Response to "Sejarah Stah Lampung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel