Cara Membuat Canang Sari

Cara Membuat Canang Sari
HINDUALUKTA-- Om swastiastu. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat canang sari. Namun sebelum membahas lebih jauh, seharusnya kita mengenal dulu tentangapa asal usul canang sari. Sebab Canang Sari tak lepas dari setiap kegiatan keagaman hindu.

Canang berasal dari kata "Can" yang berarti indah, sedangkan "Nang" berarti tujuan atau maksud (bhs. Kawi/Jawa Kuno), Sari berarti inti atau sumber. Dengan demikian Canang Sari bermakna untuk memohon kekuatan Widya kehadapan Sang Hyang Widhi beserta Prabhawa (manifestasi) Nya secara skala maupun niskala.

Canang Sari awalnya merupakan ciptaan dari Mpu Sangkulputih yang menjadi sulinggih menggantikan Danghyang Rsi Markandeya di Pura Besakih. Canang sari ini dalam persembahyangan penganut Hindu Bali adalah kuantitas terkecil namun inti. Kenapa disebut terkecil namun inti, karena dalam setiap banten atau yadnya apa pun selalu berisi Canang Sari.





Canang sari biasanya berisi, bunga, pisang porosan yang berisi kapur dan siri, makan ringan, rampai, Bunga Kamboja, Bunga gemitir bunga pacar putih, Ungu, Merah, ceper, beras, tebu, sampian uras, lepa dan minyak wangi. Canang sari sering dipakai untuk persembahyangan sehari-hari di Bali.

Canang sari juga mengandung salah satu makna sebagai simbol bahasa Weda untuk memohon kehadapan Sang Hyang Widhi, Tuhan Yang Maha Esa yaitu memohon kekuatan Widya (Pengetahuan) untuk Bhuwana Alit maupun Bhuwana Agung. (Dokumen Forum Diskusi Jaringan Hindu Nusantara)

Nah sudah jelaskan bahan yang digunakan dalam membuat canang sari dan asul usulnya. Sekarang kita masuk ke carah pembuatanya: Nah yang perma siapakan bahan yang terdiri dari.

Bahan

1. Janur
2. semat
3. pisau
4. pisang
5. porosan
6. jajan bali
7. bunga rampai
8. Bunga Kamboja
9. Bunga gemitir
10. bunga pacar putih
11. Bunga Pacar Ungu
12. Bunga Pacar Merah
13. CeperBeras,
14. Tebu,
15. Sampian uras,
16. Lepa
17. Minyak wangi.

Prose Pembuatan
1. Sediakan semua bahan seperti yang telah dijelaskan diatas.
2. Ambil pisau dan janur kemudia potong mejadi empat bagian ukuran sama rata (minimal 8-10 cm sesuaikan)


3.Setelah itu ambil janur yang lain dan lipat empat menjadi sama rata. dan kemudian jahit menggunakan semat maka akan tampil seperti gambar.



4. Setelah hasil pejaiatan selesai disetiap ujungnya maka tampak seperti gambar dibawah dan saatnya untuk memasang alasnya.



 5. Langkah selanjutnya yakni ambil janur yang telah dipotong empat tadi sebagai alasnya. Disini saya mengambil gambar daun pisang untuk alasnya. anda bisa menggantinya dengan janur kelapa.




 6. Kemudia ambil janur lain dan potong seperti gambar usahakan agar lidinya bisa lentur. Bisa dibelah sedikit lihat gambar. (buat secukupnya)



 7. Setelah itu, lipat menjadi dua bagian dan belah pada ujung dengan posisi miring. Dengan catatan jangan sampai putus. Perhatikan gambar kedua dibawah.








8. Setelah dibelah, maka selanjutnya masuk dalam tahan penjaitan. Jahit dengan posisi bersilangan seperti pada gambar dibawah.



9. Usai penjaitan akan tampak seperti gambar dibawah. Maka saatnya untuk menyusun.




















10. Untuk menyusun canang cukup mudah. Yang anda harus perhatikan disini adalah yang pertama anda susun yakni porosan letakkan paling bawah sebelum janur tadi. Kemudian diatasnya anda susun bunga beserta lainya sesuai bahan diatas. Nah demikian cara membuat canang sari semoga bermanfaat.










0 Response to "Cara Membuat Canang Sari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel