Nilai-nilai Yang Terkandung Di Dalam Agni Purana



a.      
Nilai Ketuhanan (Brahmavidya)
Nilai ke-Tuhanan (Brahmavidya) yang terdapat di dalam Agni Purana tentunya sangat jelas sekali tergambarkan pada awal cerita di dalam Agni Purana. Dimana, pada awal cerita di dalam Agni Purana dikisahkan tentang konsep ke awataraan Visnu sebagai Dewa yang agung yang memiliki tugas (misi) khusus untuk menyelamatkan uamt manusia dan menegakkan prinsif dharma dari adharma. Di dalam Agni Purana ini, Visnu diceritakan turun mengambil wujud, yaitu : Matsya Avatar, Kurma Avatar, Varaha Avatar, Narasimha Avatar, Vamana Avatar dan yang lainya. Demikian pula keberadaan dari doktrin Avatar di dalam Hinduisme berawal dari kitab Agni Puarana ini. Avatara atau inkarnasi Tuhan mengambil wujud sesuai dengan masa dimana inkarnasi Tuhan melakukan Lila Kridhanya sebagai penyelamat dunia dari kehancuran (Mahapralaya) pada akhir kalpa. Di dalam Agni Purana juga ada ilmu tentang Brahman (Brahmavidya). Dengan pengetahuan yang tepat tentang Brahman, manusia akan mencapai alam sorga.

b.      AtmaVidya Dan Karma Phala
Nilai Atma Vidya dan Karma Phala juga ada di dalam purana ini. Yang mana nilai dari Atma Vidya (Pengetahuan tentang Atma) dan hukum karma Phala akan dapat ditemui dalam cerita Agni Purana, pada bagian cerita yang menjelaskan tentang keberadaan Sorga dan Neraka. Agni akan membakar jasad manusia dan menghantarkan roh baik kesorga dan neraka tergantung dengan karma wasananya (bekas perbuatan).

c.       Tata Susila, Etika dan Moralitas
Nilai ajaran etika dan moralitas dapat dilihat di dalam Agni Purana ini. Nilai etika dan moralitas adalah sebagai sebuah rambu-rambuuntuk mengatur kehidupan manusia untuk mencapai tujuan, yaitu Moksa. Di dalam Purana ini menceritakan aturan-aturan tersebut sebagai sebuah landasan hukum spiritual yang mesti ditaati. Contoh, jika ada seseorang membunuh seorang Brahmana mencuri, maka mesti melaporkan pada seorang Raja. Dan, Raja akan menghukum. Kemudian, jika ada seorang yang berdosa, maka ia harus menebus dengan ritual Prayascitta dan yang lainya.

d.      Tempat Suci
Di dalam Agni Purana terdapat kisah yang menjelaskan aturan-aturan untuk mendirikan banguna suci (kuil) dan patung-patung dewata. Misalnya di dalam kitab ini disebutkan; untuk membangun kuil suci dan patung-patung dewata Dalam Agni Purana orang yang membangun kuil atau tempat suci akan menjadi orang yang berbakti dan masuk sorga. Demikian pula  pahala yang didapat dari orang yang membangun kuil dianggap lebih besar dari pada menyumbang benda lainnya. Akan tetapi pahala yang lebih besar akan didapatkan oleh orang membuat patung dewa. Patung dewa hendaknya dibuat sedemikian rupa menghadap kota atau desa. Namun khusus patung Wisnu bisa dibuat menghadap kearah mana saja, patung Wisnu terdiri dari berbagai wujud.

e.       Tirthayatra
Di dalam Agni Purana menjelaskan tempat terbaik untuk melakukan Tirtayatra ialah Puskara. Dikatakan bahwa Brahma, para dewa dan rsi yang hendak pergi ke sungai tinggal di sini. Di Puskara terdapat dua tempat suci yaitu Jambumarga dan Tandulikaasrama. Selain itu terdapat juga tempat Tirtayatra yang baik yaitu Kuruksetra karena dilalui oleh Sungai Saraswati. Setiap tempat yang dilalui oleh sungai Gangga juga dianggap sebagai tempat suci (Tirta). Tempat suci terkenal lainnya ialah Prayagatirta, dimana kesucian tempat ini disebabkan karena tempat tersebut merupakan pertemuan 2 sungai suci yaitu sungai Gangga dan Yamuna. Sementara itu dinyatakan pula bahwa Dewa Siwa memberitahukan kepada Parwati, bahwa terdapat tempat yang sangat suci yaitu disebut dengan Varanasi.

f.       Nilai Kepemimpinan
Di dalam Agni Purana dijelaskan tentang nilai kepemimpinan yang di ajarkan oleh Sri Rama, seperti berikut: Pada suatu kali Rama mengajarkan pada Laksmana tentang kewajiban seorang Raja dan Agni Purana mengetengahkan ajaran itu. Adapun kewajiban seorang Raja yaitu:
a)      Ia harus mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya untuk kerajaannya.
b)      Ia harus meningkatkannya.
c)      Ia harus melindunginya.
d)     Ia harus memberikan beberapa dari kekayaannya untuk mereka yng membutuhkan.

0 Response to "Nilai-nilai Yang Terkandung Di Dalam Agni Purana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel