Pengertian Agni Purana

HINDUALUKTA-- Kitab Purana adalah Kitab yang suci dan kisah-kisahnya sekarang ini telah membentuk bagian dan isi dari tradisi. Menurut kepercayaan Kresna Dwaipayana Wyasadewa adalah salah satu dari Veda wyasa yang telah menyusun kitab Mahabharata. Setelah menyusun kitab Mahabharata beliau menyusun kitab Purana. Yang mana kitab Purana dibagi menjadi dua yaitu: Maha Purana dan upa Purana yang maing-masing berjumlah 18 Purana.

Agni Purana termasuk kedalam Maha Purana. Nama Agni Purana baiasanya duduk didalam ke-8 daftar Purana utama. Dalam agni Purana terdapat sekitar 15.500 sloka. Agni Purana termasuk di dalam golongan Tamsika Purana bersama dengan Mtsya Purana, Kurma Purana, Lingga Purana, Siva dan Skanda Purana. Pengarang dari Agni Purana adalah dewi Agni sendiri, kemudian menurunkan ajaran Agni Purana ini kepada Rsi Vasistha. Murid Vyasa Deva yang bernama Suta kemudian mewarisi ajaran ini dari gurunya.

Agni Purana tidak memiliki bagian-bagian yang terpisahkan melainkan hanya terbagi menjadi 383 adhyaya atau bab. Dan, salah satu bab yang paling menarik adalah bab ke-380, bagian ini memberikan penjelasan tentang inti sari dari Advaita Brahmanajnana. Yang berarti pengetahuan yang mengajarkan tentang kesatuan antara jiwa individu (Atman) dengan jiwa universal (Brahman). Bagian ini merupakan rangkuman dari ajaran Veda-Veda

Ada bebrapa hal yang dibicarakan dalam kitab Agni Purana dan semua itu bukanlah hanya kisah semata. Semua Avatara Visnu yang pernah menjelma ke bumi diceritakan di dalam kitab Agni Purana. Selain itu juga di ajarkan tentang bagaimana persyaratan membangun kuil ataupuan tempat ibadah, membuata patung dewa, tentang astrologi, ekonomi, ritual, pengetahuan tentang obat-obatan, perawatan, pertanian, sastra, drama, menari, tata bahasa, dan rangkuman dari ajaran yang terdapat dari kitab Bhagavadgita, Veda dan Upanisad.

Maha Purana disusun antara 400 A.D hingga 1000 A.D. setiap Purana memiliki 5 karakteristik yang berbeda-beda, yaitu tentang penciptaan alam semesta, prosese penciptaan dan penghancuran secara periiodik, keturuanan raja-raja dan penguasa, menjelaskan keadaan berbagai jaman dan tentang garis keturunan, dengan demikian ini akan memberikan kesan bahwa Purana hanyalah kumpulan kisah-kisah dan anekdot yang berfariasi dan menarik. Seperti halnya di dalm kitab Agni Purana yang mana terdapat sedikit cerita dan anekdot tetapi penuh dengan ajaran ritual.

0 Response to "Pengertian Agni Purana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel