Pengertian Weda (Veda)

HINDUALUKTA-- Kata Veda berasal dari bahasa Sanskerta, berakar kata Vid yang artinya ilmu pengetahuan. Tetapi tidak semua ilmu pengetahuan dapat disebut sebagai Veda. Veda adalah ilmu pengetahuan yang mengandung tuntunan rohani agar manusia mencapai kesempurnaan hidup atau paravidya. Veda juga mengandung ilmu pengetahuan tentang ciptaan Brahman atau aparavidya untuk tujuan memuliakan hidup manusia dan alam semesta.

Veda disebut sebagai kitab suci Agama Hindu, karena berbentuk buku atau kitab disucikan oleh pemeluk agama Hindu, diyakini sebagai wahyu Tuhan, dan dipakai sebagai pedoman dasar hidup oleh umat Hindu dalam melakukan hidup bermasyarakat.

Veda juga disebut sebagai mantra, terutama ketika diucapkan dengan hikmat oleh para Sulinggih. Perhatikan ketika ada Sulinggih atau Pandita yang sedang merapalkan mantra, maka Sulinggih itu disebut sebagai sedang ngaveda. Dalam konteks ini, Veda berarti pujastuti atau mantra.

Adapaun salah satu sloka yang merujuk pada veda sebagi ilmu tertinggi adalah dalam Vayu Purana I. 201 yang mengatakan.
"Nihan paripurnekena kenaikang sanghyang Veda, Makasadanā iti hasa kelawan sanghyang purana, Apan sanghyang Veda ātakut tinukul olih wwāng akidik ajinia"
Terjemahan:

Kalau ingin menyempurnakan ilmu tentang Veda sebaiknya pelajari dan kuasai dulu itihasa (sejarah) dan purana (mitologi kuno), Karena Veda sangat takut kalau disalah tafsirkan oleh mereka yang bodoh sedikit ilmunya. (Vayu Purana I. 201)

Sloka diatas dapat memberi makna bahwa Veda sangat takut kepada orang bodoh yang artinya bahwa sebelum mempelajari Veda sebaiknya mempelajari Itihasa dan Purana. Sebab Veda memiliki Ilmu Filsafat yang sangat tinggi sehingga jika dipelajari tampa pemahaman Itihasa dan Purana atau Bantuan Seorang Guru maka dapat di salah artikan. Demikian maksud dari sloka diatas.

0 Response to "Pengertian Weda (Veda)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel