Lapisan Tubuh Manusia Dalam Hindu

HINDUALUKTA-- Mungkin anda adalah salah satu yang sering mendengar kata lapisan tubuh manusia. Namun ada sulit membedakan lapisan mana yang dimaksut. Sebab di Hindu sendiri ada dua presepsi mengenai Tubuh manusia yang dikenal dengan Tri Sarira dan Panca Maya Kosa.

Kedua kata diatas sama-sama membahas mengenai lapisan Tubuh manusia. Sehingga sulit untuk dibedakan. Dan bahkan ada yang bertanya kenapa tidak digabung. Untuk itu melalui artikel ini, Hindu alukta akan membahas perbedaan keduanya. Berikut Ulasanya.


Tri Sarira

Tri Sarira Berasal dari akar kata Tri yang berarti Tiga dan Sarira yang berarti badan. Jadi Tri Sarira adalah tiga lapis badan yang terbentuk dari unsur dan memiliki fungsi serta kualitas yang berbeda.

Adapu Bagian Bagian dari Tri Sarira adalah:

  1. STULA SARIRA/RAGA SARIRA: adalah badan kasar yaitu jasmani yang terbentuk dari unsur Panca Maha Bhuta.
  2. SUKSMA SARIRA/LINGGA SARIRA: adalah badan halus yang terdiri dari unsur Budhi,Manah,Ahamkara,dan Indriya.
  3. ANTA KARANA SARIRA: adalah badan penyebab yaitu Jiwatman sebagai hidupnya hidup.

Panca Maya Kosa

Sedangkan Panca Maya Kosa adalah lima lapisan tubuh spiritual yang membungkus badan manusia. Adapun bagian-bagian dari panca maya kosa adalah:

  1. Annamaya Kosha, (Sthula Sarira) tersusun dari sari-sari makanan.
  2. Pranamaya Kosha, badan energi. Tersusun dari energi prana, yaitu samudera besar energi pembentuk kehidupan yang ada di semua penjuru alam semesta.
  3. Manomaya Kosha, tersusun dari pikiran biasa.
  4. Vijnanamaya Kosha, tersusun dari pikiran yang sadar.
  5. Anandamaya Kosha, tersusun dari pikiran yang lebur dalam paramashanti (kedamaian maha sempurna). Disebut juga lapisan badan transenden
Baca: Pengertian Panca Maya Kosa dan Bagian-bagianya



Subscribe to receive free email updates: