Pengertian Nitisastra

HINDUALUKTA -- Niti Sastra merupakan salah satu kitap pedoman umat Hindu dalam hal kepemimpinan. Nitisastra berasal dari kata Niti yang berarti undang - undang yang mengatur negara atau negeri dan sastra yang berarti pelajaran Dharma, Pelajaran Suci dan pelajaran Agama (Kamus BHS BALI dalam Anandakusuma (1986).

Namun jika dilihat dari Bahasa Sangsekerta, Nitis berarti kebijaksanaan duniawi, etika dan politik, serta menuntun. Sedangkan Sastra berarti Mantra atau pujaan Suci.


Sedangkan jika kita melihat Kamus Bahasa Jawa Kuno, Niti berarti Pedoman Hidup, ilmu tata Negara, kesopanan siasat Negara (kebijakan) politik. Sedangkan Sastra adalah Kitab ilmu pengetahuan atau Kitab pelajaran.

Jika melihat pengertian diatas, Nitisatra dapat diartikan sebagai Ilmu pengetahuan yang mengajarkan tenatang bagaimana bertingkah laku, memimpin, mendidik, berdasarkan dharma.

Kendati demikian banyak juga orang yang mengartikan Nitisatra sebagai kitab atau ilmu kepemimpinan tata negara.

Nitisastra sangat besar kaitannya dengan Dhanda Niti, Artha Sastra, Raja Dharma,Niti Sastra dan Raja Niti. Bahkan beberapa ahli mengatakan semuanya sama dengan Nitisastra hanya saja namanya yang berbeda.

Berikut pengertian dari Artha Sastra, Raja Niti, Dhanda Nitim Niti Sastra, dan Raja Dharma:

Dhanda Niti adalah kitab yang memngajarkan tentang pengaturan atau hukum-hukum yang mengatur dalam kehidupan bermasyarakat.

Kemudian Raja Niti adalah kitab yang mengajarkan bagaimana cara memimpin,

Raja Dharma adalah kitab yang mengajarkan kebenaran dan kewajiban seorang pemimpin.

Artha Sastra adalahkitab yang mengajarkan bagaimana mengatur kesejahteraan dalam kehidupan di suatu wilayah.

Subscribe to receive free email updates: