TAT TWAM ASI


Manusia: makhluk sosial Memerlukan manusia yang lainnya sebagai teman untuk berkomunikasi, melakukan pertimbangan-pertimbangan logis, bergotong royong, dan aktivitas biologis lainnya.
Hubungan harmonis bukan hanya antar manusia tapi juga dengan makhluk hidup lainnya. Untuk mencapai ketentraman à etika/susila  Agama mengajarkan kepada kita semua yang ada di alam semesta ini berasal dari satu sumber, yaitu Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dasar dari semua etika (susila) Hindu adalah Tat Twam Asi.

TAT TWAM ASI: Arti: Kamu adalah saya, saya adalah kamu

Pada dasarnya semua makhluk adalah sama, yakni sama-sama diciptakan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Menolong orang lain berarti juga menolong diri kita sendiri. Mengajarkan agar kita senantiasa mengasihi orang lain atau menyayangi makhluk lainnya

Landasan etik dan moral bagi umat Hindu di dalam menjalani hidupnya sehingga ia dapat melaksanakan kewajibannya di dunia ini dengan harmonis. Dalam kehidupan bernegara: Identik dengan perikemanusiaan dan Pancasila. Mengamalkan atau melaksanakan Pancasila berarti telah melaksanakan ajaran Weda

Suasana kebersamaan dan kerukunan umat beragama, maupun sinergi suku, ras, antar golongan yang penuh perdamaian dan didorong oleh rasa kesadaran nasional niscaya akan terwujud dengan harmonis.

0 Response to "TAT TWAM ASI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel