Pengertian Upanisad

Pengertian Upanisad
HINDUALUKTA-- Upanisad berasal dari kata Upa yang berarti dekat, Ni yang berarti dibawah dan Sad yang berarti duduk. Jadi upanisad dapat diartikan sebagai sisya yang duduk dibawah dekat dengan guru/rsi untuk mempelajari ajaran Upanisad.

Upanisad berisi tentang ajaran rahasia para maharsi yang berupa mantra-mantra dari kitab Samhita. Mantra-mantra tersebut biasanya tidak dijelaskan secara rinci oleh para guru. Mantra-mantra tersebut biasanya dijelaskan dalam kitab Upanisad dan Kitab Aranyaka. 

Kitab Upanisad merupakan kitab yang berisi ajaran para rsi yang tinggal di desa-desa. Sedangkan kitab Aranyaka merupakan kitab maharsi yang diajarkan saat tinggak di hutan Aranya.

Ajaran upanisad tidak semua orang dapat mempelajarinya, karena ajaran upanisad merupakan ajaran rahasia para Rsi. Sehingga dalam memili seorang murid, para maharsi harus melakukan seleksi terlebih dahulu terhadap muridnya. Murid yang memiliki kesetian terhadap gurunya akan terpilih sebagai seorang murid sang guru/rsi.

Salah satu Rsi yang terkenal dalam kitab upanisad adalah Yajnawalkya. Dari 200 jenis lebih kitab upanisad nama Yajnawakya ada didalamnya. Kendati demikian banyaknya kitab Upanisad hanya 10 yang paling penting.

Upanisad juga dikatakan sebagai kitab terakhir karena didalamnya banyak mengandung ajaran wedanta yang merupakan kumpulan atau inti dari Veda. Selain itu, Upanisad juga mengajarkan tetang siapa Brahman dan Atman.

1 Response to "Pengertian Upanisad"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel