Tiga Klasifikasi Dimensi Alam Semesta Dalam Ajaran Hindu


Dalam ajaran Hindu Dharma, secara garis besar alam semesta diklasifikasikan menjadi tiga kelompok besar, yang disebut Tri Loka, yaitu :

1. Bhur Loka, yaitu dimensi-dimensi berbagai alam gelap [atau remangremang]dan sengsara. Ini juga sering disebut dengan istilah alam-alam bawah atau alam-alam rendah. Bukan karena letaknya dibawah, melainkan karena mahluk-mahluk di alam ini kesadarannya dianggap di
bawah standar atau rendah.

2. Bvah Loka, yaitu dimensi-dimensi alam kehidupan dimana saat ini kita berada. Ini sering disebut sebagai alam tengah. Bukan karena letaknya di-tengah, melainkan karena mahluk-mahluk di alam ini kesadarannya laksana berada di tengah-tengah, bisa meningkat keatas dan bisa terjerumus ke bawah.

3. Svah Loka yaitu dimensi-dimensi berbagai alam terang dan bahagia. Ini juga sering disebut dengan istilah alam-alam atas atau alam-alam suci. Bukan karena letaknya diatas, melainkan karena mahluk-mahluk di alam ini kesadarannya dianggap diatas standar, tinggi atau suci.

Catatan : Bhur Loka dalam beberapa teks-teks Hindu disebut juga Sapta Petala. Sedangkan Bvah Loka dan Svah Loka dalam beberapa teks-teks Hindu digabung menjadi satu dan disebut Sapta Loka. Lapisan-lapisan dimensi alam ini tidak terletak vertikal [tinggi - rendah] satu sama lain, tapi sama atau sejajar. Artinya terletak pada dimensi atau lapisan alam yang berbeda-beda. Yang berada diluar kemampuan indriya-indriya dan pikiran kita untuk melihatnya, sehingga kebanyakan orang tidak bisa melihat, merasakan atau mengetahuinya. Kecuali bagi mereka yang memiliki indriya ke-enam dan
ketujuh, yaitu orang-orang yang siddhi.

Ketika seseorang mengalami kematian, atma-nya akan berpindah ke dimensi yang berbeda, yang sesuai dengan tingkat kehalusan atau kemurnian bathinnya sendiri, serta energi akumulasi karmanya. Tiga klasifikasi atau tiga kelompok besar dimensi-dimensi alam semesta ini, yang disebut Tri Loka, yaitu Bhur Loka, Bvah Loka dan Svah Loka, selanjutnya akan dibahas di bab-bab berikutnya.

Sumber: Buku Samsara, Perjalanan Sang Atma, Karya I Nyoman Kurniawan (Bab 10)

0 Response to "Tiga Klasifikasi Dimensi Alam Semesta Dalam Ajaran Hindu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel