Triloka Kedua : (Bvah Loka) Alam Tengah


Bvah Loka adalah dimensi-dimensi alam kehidupan dimana saat ini kita berada. Ini sering disebut sebagai alam tengah. Bukan karena letaknya di-tengah, melainkan karena mahluk-mahluk di alam ini kesadarannya laksana berada di tengah-tengah, bisa meningkat keatas dan bisa terjerumus ke bawah.

Berikut penjelasan mengenai Bvah Loka :

1. Marcapada atau Mayapada [alam dimana saat ini kita berada]

Kalau di Bhur Loka dan Svah Loka penghuninya cenderung seragam tingkat kesadaran jiwa-nya, kalau di alam marcapada ini berbeda, dimana kualitas jiwa penghuninya sangat beragam. Dapat dikatakan sebagai tempat percampuran mahluk-mahluk dari berbagai kualitas tingkatan kesadaran jiwa atau kemurnian bathin.

Lahir ke alam marcapada ini sebagai manusia sangat sangat penting artinya, karena inilah satu-satunya dimensi alam dimana peningkatan kesadaran dari kegelapan menuju kemurnian bathin, bisa maju sangat pesat. Inilah lapisan dimensi alam tempat kita melatih jiwa, memurnikan bathin. Pertama karena di alam marcapada ini, dengan bantuan tubuh fisik kita dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan kesadaran kita. Kedua karena di dunia ini antara kebahagiaan dan kesedihan seimbang. Di alam atas kebahagiaan terlalu mendominasi, di alam bawah kesengsaraan terlalu mendominasi. Jadi lahir ke dunia ini sebenarnya adalah kesempatan yang sangat baik untuk mencapai moksha [pembebasan sempurna]. Bahkan para dewa dari alam sucipun akan lahir ke bumi jika punya aspirasi mencapai moksha.

2. Mrtya Loka

Mrtya Loka adalah lapisan alam halus yang merupakan dimensi halus dari alam marcapada. Ini adalah alam halus dimana atma gentayangan [sering disebut hantu] di alam marcapada. Di alam ini atma masih bebas bergentayangan kemanapun dia ingin pergi di dalam alam marcapada. Di tempat manapun yang dia pikirkan dengan kuat, seketika dia akan berada disana. Alam ini sangat liar dan bebas. Di alam ini berlaku hukum rimba, dimana yang kuat yang berkuasa. Atma di alam ini dapat ditangkap atau diperbudak oleh mahluk-mahluk alam bawah atau orang sakti yang jahat yang memiliki kelebihan dalam kekuatan supranatural. Mungkin akan dijadikan pelayan, budak atau mungkin akan diperalat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan niskala yang melanggar dharma, dsb-nya.

3. Antarabhava.

Diantara dimensi alam fisik dan semua dimensi alam-alam lainnya, terdapat alam transisi yang disebut antarabhava. Antarabhava adalah alam antara atau alam penghubung. Atau sebuah ruang yang memisahkan antara dimensi-dimensi. Terletak diantara alam marcapada dengan berbagai dimensi alam-alam yang lain.

Sumber:  Buku Samsara, Perjalanan Sang Atma, Karya Nyoman Kurniawan, Tahun 2014 (Bab 12)

0 Response to "Triloka Kedua : (Bvah Loka) Alam Tengah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel