Ayurveda Sebagai Pengobatan Tradisional yang Manjur


Sebuah tradisi perawatan kesehatan kuno yang dikenal dengan nama Ayurveda, yang telah dipraktikkan di India selama 5.000 tahun. Kata Ayurveda berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Ayur (hidup) dan veda (pengetahuan). Meskipun Ayurveda, atau pengobatan Ayurvedic, didokumentasikan dalam teks sejarah suci yang dikenal sebagai Veda berabad-abad lalu. Sekarang ini telah terintegrasi dengan praktek-praktek tradisional lainnya, termasuk yoga.

Pengobatan ini, secara luas dipraktekkan di benua India, lebih dari 90% orang India menggunakan beberapa bentuk pengobatan Ayurvedic, menurut University of Pusat Minnesota untuk Spiritualitas & Healing. Tradisi ini telah mendapatkan popularitas di dunia Barat, meskipun masih dianggap sebagai pengobatan alternatif.

Prinsip Pengobatan

Dengan praktek kesehatan holistik, Ayurveda berusaha untuk menjaga keseimbangan antara aspek fisik, mental dan spiritual seseorang. Bila keseimbangan ini terganggu, penyakit dan masalah kesehatan lainnya dapat terjadi pada tubuh, menurut praktisi Ayurvedic .

Perawatan kesehatan adalah praktek yang sangat individual berdasarkan prinsip Ayurvedic, dan semua orang memiliki pola tertentu karakteristik yang disebut dosha, yaitu jenis metabolisme berdasarkan kimia tubuh dan kondisi mental. Ada tiga doshas dasar, dan setiap orang memilikinya, dan satu atau dua yang mendominasi.  Berikut penjelasannya menurut University of Maryland Medical Center:

Energi Pitta terkait dengan api, diperkirakan untuk mengontrol sistem pencernaan dan endokrin. Orang dengan energi ini dianggap berapi-api dan temperamen, cerdas dan cepat. Ketika energi ini tidak seimbang, maka akan terjadi peradangan, masalah pencernaan, marah, mulas dan penyakit arthritis dapat terjadi.

Energi Vata dikaitkan dengan udara dan ruang, terkait dengan gerakan tubuh, termasuk pernapasan dan sirkulasi darah. Energi Vata dikatakan mendominasi pada orang yang kreatif dan pemikir. Ketika tergganggu, dapat terjadi sakit sendi, sembelit, kulit kering, kecemasan dan lainnya .

Energi Kapha terkait dengan bumi dan air, diyakini mengontrol pertumbuhan dan kekuatan, dan berhubungan dengan dada dan punggung. Bila terganggu akan menyebabkan masalah obesitas, diabetes, masalah sinus, ketidakamanan dan kantong empedu dapat terjadi ketika energi kapha tidak seimbang.

Manfaat

Ada penelitian yang menunjukkan efektivitas beberapa perawatan Ayurveda. Kunyit, bumbu berasal dari tanaman kunyit (Curcuma longa), sering diresepkan oleh praktisi Ayurveda. Kunyit mengandung beta -karoten, kalsium, flavonoid, zat besi, niasin, kalium, seng dan nutrisi lainnya . Di samping potensi efektivitas dalam mengobati tukak lambung dan beberapa bentuk kanker, kunyit juga telah terbukti sifat anti inflamasi. Beberapa studi telah menyarankan bahwa mungkin membantu mengurangi gejala rheumatoid arthritis .

Selain itu, sebuah studi 2011 menemukan bahwa senyawa herbal Ayurvedic efektif untuk mengobati gejala-gejala rheumatoid arthritis, menurut Pusat Nasional untuk Pelengkap dan Pengobatan Alternatif (NCCAM).

Pengobatan Ini lain yang banyak digunakan dengan kemenyan, resin kering berasal dari pohon Boswellia. Menurut NCCAM, pasien osteoarthritis memiliki penurunan yang signifikan dalam nyeri setelah menggunakan obat kemenyan ini.

0 Response to "Ayurveda Sebagai Pengobatan Tradisional yang Manjur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel