Tujuan Akhir Hindu Alukta

ALUKTA-- Hindu dikenal di Indonesia memiliki banyak sekte. Hal ini dikarenakan hindu merupakan agama yang sifatnya universal. Dari ratusan sekte yang berada di Indonesia banyak diantarany yang masih belum memiliki pembukuan, pasalnya masih menganut Hindu yang ajaranya bersifat turun temurun. 

Kendatii demikian Hindu yang belum memiliki pembukuan tersebut masih bisa bertahan hingga sekarang. Salah satunya yakni Hindu Alukta. Hindu Alukta sebenarnya masih memiliki ribuan Umat yang tersebar di dua Provinsi yakni Sulawesi barat dan Sulawesi Selatan.

Dari satu daerah ke daerah lain, Hindu Alukta memiliki tata cara upakara yang berbeda-beda, namun pada intinya upacara tersebut hanya memiliki satu tujuan yakni kepada Dewata (Tuhan Yang Maha Esa).

Hindu Alukta merupakan agama yang sudah Ribuan tahun dianut masyarakat di dua Provinsi tersebut khususnya di Daerah Mamasa dan Toraja. Hindu Alukta dikenal dengan ajaranya yang cukup baik, sebab menjunjung tinggi kejujuran, etika, moral, budaya dan ras. 

Hindu Alukta sebenaranya salah satu ajaran Veda yang tersebar di Tanah air, sebab di dalam Hindu Alukta memiliki banyak kesaman dengan Hindu yang sudah dikenal di dunia sekarang (Hindu Dharma).

Jika di dalam Veda dikatakan bahwa tujuan Hidup umat Manusia yakni “Moksartham Jagadhitaya ca iti Dharma” yakni bersatunya atman dengan Tuhan yang Maha Esa. Maka di dalam Hindu Alukta juga memiliki hal yang sama yang dikenal dengan nama “Lendu Mimbali Puang” yang intinya sama yakni bersatunya Atman kita dengan Dewata.

Jadi boleh dikatakan bahwa meski agama Hindu memiliki banyak jenis dan sekte yang berbeda dari satu daerah kedaerah lain , namun pada umunya Hindu hanya satu. Dari sini boleh ditarik kesimpulan bahwa Hindu Alukta bukanlah agama yang hanya mengandung ajaran sesat yang seperti dikatakan Ferdinandus Nanduq (orang Ktisten) dalam artikelnya yang mengatakan bahwa di masyarakat sekarang Hindu Alukta dikenal dimata masyarakat sebagai agama Malilin (agama yang sesat).  



0 Response to "Tujuan Akhir Hindu Alukta "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel