Yoga Bersih, Kata Para Ahli Muslim

Yoga
HINDUALUKTA—Apakah Yoga adalah praktik keagaman Hindu? Dewan Hukum Pribadi Muslim Seluruh India (AIMPLB) pasti mengatakan ia, kendati demikian hal tersebut tidak bermasalah, sebab sudah banyak umat muslim yang telah mempelajari Yoga, pasalnya hal itu tidak ada pertentangan antar apa yang mereka lakukan dengan ajaran Islam. “Penetangan ini didasarkan pada kesalapahaman apa itu Yoga” kata Dr Badrul Islam.

Badrul, yang telah mempelajari yoga selama 35 tahun dan juga telah menulis buku dalam bahasa urdu terkait Yoga mengatakan ajaran yoga merupakan  suatu cara yang bisa menolong kita menjadi orang cerdas karena memiliki ajaran yang bersih. “Yoga adalah suatu yang bersih, yoga menolong anda untuk menghubungkan diri dengan dirimu sendiri, membuat dirimu siaga, pintar dan sehat. Seperti halnya Surya Namaskara, Islam mengajar kepada kalian untuk tidak menyembah siapapun kecuali Allah, jadi untuk Yoga ini jangan arahkan dirimu ke Matahari” kata dia yang juga sebagai Anggota Dewan Editorial NCERT yang ikut mengembangkan sebuah kurikulum yoga di sekolah sekolah.

Pria yang juga seorang instruktur yoga bersama dengan Kendriya Vidyalaya Sangathan mengatakan dirinya telah menjalankan pusat pelatihan yoga di dekat Delhi yang didominasi oleh umat Muslim. Selain itu dirinya juga mengklaim telah mengajarkan Yoga keribuan anak-anak Muslim. Selain itu, pada tanggal 21 juni yang merupakan hari yoga Internasional mengatakan dia telah menerbitkan dua buku (satu untuk SD kelas VI dan satu untuk VI SMP) yang merupakan usulan dari Perdana Menteri Narendra Modi. 

Disisi lain, Asad Gazi, pimpinan Asosiasi Kesejahteran Nawa-e-Haque mengatakan para pejabat juga telah mulai memberi warna bagi Hindu (yoga), untuk menjaga kesehatan. Sebab kesehatn merupakan kunci utama dalam mewujudkan kesuksesan suatu negara. “Para politisi  mencoba memberikan warna untuk Hindu khusunya pada Yoga, Sebab tujuan yoga adalah menjaga kesahatan yang sehat yang bisa menjadi negara yang sehat dan kuat,” kata pejabat yang bekerja untuk menyebarluaskan pendidikan masyarakat Muslim.

Tak hanya itu, pengakuan juga muncul dari Pria muslim, Imran Khan, yang telah mempelajari Yoga di Ashram Sivananda di Kerala dan telah telah mengajarkan Yoga selama 13 tahun berkata, ia tidak melihat adanya masalah dengan kepercayaannya selaku Muslim dalam praktik Yoga. “ keluarga saya tidak pernah berkata apa-apa. Pertama kali saya mengajarkan Yoga kepada sekelompok wanita yang berhijab. Saya mengajar seluruh anggota keluarga dimana laki-laki ada di depan dan pra wanita ada dibelakang, dibalik dinding yang terbuat dari kayu” kata dia seperti dilansir dari berbagai Sumber.
 
Terjemahan: Gede Ngurah Ambara, Mediahindu.

0 Response to "Yoga Bersih, Kata Para Ahli Muslim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel