Etika Dalam Pembuatan Upakara

Jurusan Hukum Agama Hindu STAHN-TP Palangkaraya belajar membuat ketupat
HINDUALUKTA-- Sebagai orang terpelajar, prilaku seseorang sangat diperlukan. Karena prilaku yang baik akan mendatangkan kebahagian. Maka dari itu, dalam Hindu sangat ditekankan untuk memelihara perbuatan dharma. Terutama menyangkut etika dalam suatu kegiantan.

Seperti contohnya dalam pembuatan Upakara di haruskan belajar berdasarkan keikhlasan hati, serta menepati sesana (ethika) dalam pelaksanaan upakara tersebut seperti dalam etnosains daksina disebutkan dalam membuat upakara hendaknya memiliki prilaku seperti"
  1. Memiliki rasa ikhlas dan rasa bhakti kehadapan Sang Hyang Widhi; 
  2. Pada waktu akan membuat upakara hendaknya membersihkan diri terlebih dahulu atau menyucikan laksana agar tingkat dan kesucian upakara dapat dipertahankan; 
  3. Pada saat mulai membuat upakara harus dalam keaadaan rapi, terutama rambut harus disisir dan diikat agar rambut pembuat banten tidak jatuh dan menyebabkan cuntaka seperti halnya yang pertama: Seorang perempuan membuat upakara tidak boleh dalam keadaan datang bulan, karena dapat mengakibatkan kecuntakan terhadap upakara tersebut. Saat sedang membuat tetandingan atau merangkai hindarkan dari anak-anak jangan sampai upakara dirusak karena tapak rare ini dapat pula disebutkan menyebabkan kecuntakan dan seorang umat atau tukang / sarati banten saat metetuasan (dalam membuat reringgitan) posisi duduk tidak boleh metajuh masuku tunggal karena merupakan sikap drati krama ("bagian dari Sad Atatayi" atau menyimpang dengan perbuatan subha karma) yang dapat menyebabkan kecuntakan.
  4. Dan apabila umat akan membuat upakara harus ngadegan dewan tukang dengan sebutan Sang Hyang Tapeni ("Bhatari Uma Dewi"; Tutur Tapeni) senistanya berupa banten tetukon (seperti halnya dalam merajah kajang). Medianya disebutkan mempergunakan pejati, dan utamanya mempergunakan daksina gede sarwa 4, suci lengkap, dan segepangkonan 4 tanding.
Nah demikian persyaratan yang harus dilakukan saat membuat Upakara. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Etika Dalam Pembuatan Upakara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel