Pengertian Yama dan Niyama Brata

Brata
HINDUALUKTA-- Menurut kamus kecil Sanskerta-Indonesia (Pemda Tingkat 1 Bali, 1982/1983:187, 126,238) kata Yama diartikan sebagai pengendalian atau pengendalian diri sendiri , sedangkan kata Ni berarti dalam, dan Brata dengan asal kata Vrata diberi makna sebagai kehendak, sumpah atau kewajiban.

Sementara itu kamus jawa kuno-Indonesia, memberikan arti bahwa Yama berarti pengendalian diri atau pengekangan diri, Niyama artinya kewajiban atau sumpah, dan brata berarti perbuatan suci seperti berpuasa atau bertapa.

Dengan demikian Yama Brata dapat diartikan sebagai pengendalian diri atau usaha-usaha untuk mengatur diri sendiri dengan lebih cermat guna mengendalikan nafsu indria dan berpantang melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama.

Sedangkan Niyama Brata berarti sumpah atau janji kepada diri sendiri agar mampu berbuat, mampu mengatur diri dengan lebih ketat dan sekaligus berpantang terhadap larangan atau melaksanakan sesuatu yang diwajibkan oleh ajaran agama.
 
Dalam hal ini Yama Brata lebih menekankan kepada pengendalian kedalam diri, mengendalikan semua perbuatan yang diakibatkan oleh dorongan nafsu, sedangkan Niyama Brata lebih menitik beratkan kepada hal-hal lahiriah berupa pengendalian terhadap tindakan yang ditunjukan terhadap orang lain atau mahluk lain.

0 Response to "Pengertian Yama dan Niyama Brata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel