Contoh RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :  Pasraman Buana Bekasi
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Hindu
Kelas/Semester            :  IV/II (Genap )               
Alokasi waktu             :  2x 45 menit.

I.         Standar Kompetensi   :  Mengenal Panca Yama dan Niyama Brata
II.      Kompetensi Dasar     :  Mengetahui contoh prilaku  dalam bagian Panca Nyama Brata
III.   Indikator                     : 1. Menjelaskan contoh prilaku dari setiap bagian Niyama Brata.
2.  Menunjukan contoh prilaku dari setiap bagian Niyama Brata 

IV. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah menerima pembelajaran dari guru, peserta didik Kelas IV semester II dapat menjelaskan Niyama Brata.
2.      Setelah pembelajaran diskusi, peserta didik Kelas IV semester II dapat menunjukan contoh Niyama Brata.
V.  Materi Pembelajaran
·         Contoh prilaku dalam bagian-bagian Niyama Bratha

VI. Strategi/ Model / Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan                 :  Pembelajaran Teacher Centered Apporoach
2.      Metode                        :  Demonstrasi, Tanya Jawab, dan Ceramah
3.      Model Pembelajaran   :  Demonstrasi.
VII. Langkah-langkah  Pembelajaran/ Skenario Pembelajaran :
  • Kegiatan Awal (15 menit).
·         Menyampaikan salam, menanyakan kehadiran siswa.
·         Absensi
·         Apersepsi
  • Kegiatan inti  (+  60 menit )
·         Eksplorasi
1.   Guru menanyampaikan materi tentang contoh prilaku dari bagian-bagian Panca Niyama Brata.
2.   Guru menanyakan pada siswa mengenai  pengetahuan tentang bagaimana cara menerapkan contoh perilakudari bagian-bagianpanca Niyama Brata.
3.   Guru menyajikan materi sebagaimana biasanya
4.   Guru membagi siswa secara berpasangan  atau terdiri dari 2 siswa.
5.   Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas setiap pasangan.

·         Elaborasi
Ø  Setelahmendapatkan materi, setiap pasangan membahas materi yang akan di demostrasikan.
Ø  Guru mengamati kelompok siswa dan membantu siswa apabila tidakmengerti tugasyang diberikan.
Ø  Siswa melakukan diskusi dengan pasanganya.
Ø  Setelah selesai setiap pasangan maju ke dapan kelas mendemontrasikan hasil pembahasannya.
·         Konfirmasi
1.   Guru mempertegas materi tersebut
2.   Guru mempertegas hasil demonstrasi siswa siswa yang kurang sempurna dan memberikan penguat.
  • Kegiatan Akhir (+ 15 menit ).
1.   Guru meminta siswa untuk bertanya bila ada yang kurang di mengerti.
2.   Guru menyampaikan materi yang akan di bahas untuk pertemuan selanjutnya.
3.   Guru dan siswa mengucapkan salam.

VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar :
1.      Sumber/Bahan Belajar:
Buku Pelajaran Agama Hindu kelas IV
2.      Media:
·         Alat-alat praga
IX. Teknik Penilaian :
1.    Jenis Tes
      Aspek Kognitif :
  • Laporan
  • Test tulis
  • Test lisan.
     Aspek Afektif :
     - Sikap selama berdiskusi ( tekun, objektif, dan menghargai pendapat teman )
.    Aspek Psikomotor :
-          Kemampuan dalam menyampaikan pendapat dengan bahasa yang baik dan lugas.
2.  Bentuk Tes : Essay/ Uraian
Ø  Pertanyaan
1.   Tuliskan minimal 2 contoh prilaku dari setiap bagaian bagian Panca Niyama Bratha?
Ø  Jawaban
a.    Contoh prilaku Akrodha
o   Mengendalikan semua keinginan kita
o   Berusaha menghadapi masalah dengan tenang
b.   Contoh prilaku guru Susruca
o   Berbakthi kepada orang tua
o   Melaksanakan perintah dan ajaran guru
c.       Contoh prilaku Sauca
o   Rajin melakukan sembahyang
o   Selalu bersikap tenang dan bijaksana
d.         Contoh prilaku Aharalaghawa
o   Selalu bersyukur dengan apa yang dimakan
o   Makan secukupnya sesuai dengan kebutuhan
e.       Contoh prilaku Apramada
o   Melaksanakan kewajinban dengan baik dan ikhlas.
o   Selalu taat melaksankan tugas-tugas yang diberikan

Ø  Kriteria Penilaian
Skor setiap bagian: 20
Skor Maksimum : 100
NILAI                 =  Skor perolehan : skor maksimum X 100

Bekasi,………/………………20…
MENGETAHUI
Kepala Sekolah Tirta Buana BekasiGuru Pamong


Dra. Ratna Windarti, M.PdI Made Suardana S.Ag




Subscribe to receive free email updates: