Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 6
RENCANA
PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)
1. Nama
Sekolah : SD
2. Mata
Pelajaran : Agama Hindu
3. Kelas/Semester : VI/I
4. Pertemuan
Ke : II
5. Alokasi
Waktu : 45 menit x 2 pertemuan
6. Aspek/Tema : Yadnya
1. Standar
Kompetensi : Mengenal pelaksanaan
Yadnya
2. Kompetensi
Dasar :
1. Menguraikan
arti Nitya dan Naimitika Karma
2. Menyebutkan
contoh pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
3. Menerapkan
pelaksanaan yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
3. Indikator :
1. Mampu
menguraikan arti Nitya dan Naimitika Karma
2. Mampu
menyebutkan contoh pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
3. Mampu
menerapkan pelaksanaan yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
4. Tujuan
Pembelajaran :
1. Setelah
mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu menguraikan arti,
menyebutkan contoh pelaksanaan dan menerapkan pelaksanaan Yadnya secara Nitya
dan Naimitika Karma.
5. Materi
Pelajaran :
1. Pengertian dan contoh pelaksanaan
Yadnya (Pertemuan I)
a.
Arti
Nitya dan Naimitika Karma
a) Nitya
Karma berarti Yadnya yang dilakukan setiap hari. Nitya artinya selalu sedangkan
karma artinya perbuatan atau Yadnya.
b) Naimitika
Karma berarti yadnya yang dilakukan sewaktu-waktu atau pada hari-hari tertentu.
b.
Contoh
pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
a) Contoh
pelaksanaan yadnya secara Nitya Karma
1. Mebanten
saiban setiap hari
2. Melaksanakan
Tri Sandhya
3. Menghormati
oragtua
4. Rukun
dengan saudara
5. Memelihara
dan merawat badan dengan baik
b) Contoh
pelaksanaan yadnya secara Naimitika Karma
1) Melaksanakan
piodalan pura
2) Pelaksanaan
hari-hari suci seperti Tilem, Purnama, Kajeng Kliwon
3) Pelaaksanaan
hari raya seperti Galungan, Kuningan Nyepi, Pagerwesi, Saraswati
4) Melaksanakan
upacara Ngaben
5) Melaksanakan
upacara otonan
2. Penerapan pelaksanaan Yadnya secara
Nitya dan Naimitika Karma (Pertemuan II)
a. Hal-hal
yang perlu kamu lakukan berkaitan dengan pelaksanaan Nitya Karma
1. Melakukan
Tri Sandhya 3 kali sehari
2. Melakukan
sembahyang di rumah sebelum berangkat sekolah
3. Melakukan
sebahyang Tri Sandhya di Padmasana sekolah ketika sudah sampai di sekolah
4. Membantu
ibu menyiapkan banten saiban setiap hari
5. Melakukan
kerja bakthi untuk membersihkan tempat suci
6. Menjaga
kerukunan dengan saudara
7. Menghormati
dan menuruti nasehat orangtua
8. Menghormati
guru dan melaksanakan perintahnya
9. Memelihara
hewan yang kita miliki dengan baik.
b. Hal-hal
yang perlu kamu lakukan berkaitan dengan pelaksanaan Naimitika Karma
1. Membantu
orangtua ketika mempersiapkan segala sesuatu menjelang hari piodalan atau
menjelang hari raya. Msalnya mejejahitan, metanding, membuat penjor dll
2. Melakukan
persembahyangan pada hari-hari suci dan hari raya
3. Merawat
orangtua, kakek dan nenek ketika sakit
4. Mengumpulkan
dana bersama teman untuk membantu tean yang dirawat di rumah sakit, kena
musibah dan tidak mampu
6. Metode/Model
pelajaran :
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya
jawab
7. Langkah-langkah
Pembelajaran :
a. Pendahuluan
(15 menit)
1) Peserta
didik bersama – sama mengucapkan salam panganjali “Om Swastyastu” dilanjutkan
dengan doa belajar (saraswati puja)
2) Menyampaikan
tujuan pembelajaran
b. Kegiatan
inti (40 menit)
1) Menjelaskan
pengertian dan contoh pelaksanaan Yadnya
2) Penerapan
pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika karma
c. Penutup
(15 menit)
a. Di
akhir pembelajaran, guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah
disampaikan.
b. Mengevaluasi
ulang hasil pembelajaran yang telah diberikan oleh guru.
c. Post tes
:
1. Jelaskan
pengertian Nitya Karma
2. Jelaskan
pengertian Naimitika Karma
3. Sebutkan
contoh pelaksanaan yadnya secara Nitya Karma
4. Sebutkan
contoh pelaksanaan Yadnya secara Naimitika karma
A.
Sumber
Belajar
1.
Buku Pelajaran Agama Hindu untuk SD
kelasVI.
2.
Buku penunjang materi yang masih relevan
B.
Media
Pengajaran
1.
Papan tulis, spidol, dan penghapus
C.
Penilaian
sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran, yaitu:
1.
Sebelum proses pembelajaran, guru
memberikan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan
siswa mengenai materi yang akan disampaikan.
2.
Selama proses pembelajaran, yaitu pada
saat guru menjelaskan materi, kemudian melakukan tanya jawab kepada siswa
tentang pendapat masing-masing mengenai pengertian Panca Sradha.
3.
Setelah proses pembelajaran, penilaian
dilakukan dengan post test, dan
dijawab oleh siswa.
D.
Evaluasi
a. Pilihan Ganda
b. Uraian Singkat
c. Menjodohkan
d. Salah/Benar
e. Uraian Panjang
Jakarta, Desember 2015
Mengetahui,
Kepala SD
I Ketut Ulianta S. Pd
|
Guru Mata Pelajaran Agama Hindu
Saleppang
|
0 Response to "Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 6"
Post a Comment