Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 6



RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN
(RPP)

1.      Nama Sekolah             : SD
2.      Mata Pelajaran            : Agama Hindu
3.      Kelas/Semester            : VI/I
4.      Pertemuan Ke             : II
5.      Alokasi Waktu            : 45 menit x 2 pertemuan
6.      Aspek/Tema                : Yadnya

1.      Standar Kompetensi         : Mengenal pelaksanaan Yadnya

2.      Kompetensi Dasar             :
1.      Menguraikan arti Nitya dan Naimitika Karma
2.      Menyebutkan contoh pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
3.      Menerapkan pelaksanaan yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma

3.      Indikator                           :
1.      Mampu menguraikan arti Nitya dan Naimitika Karma
2.      Mampu menyebutkan contoh pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
3.      Mampu menerapkan pelaksanaan yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma

4.      Tujuan Pembelajaran         :
1.      Setelah mempelajari materi pada bab ini, siswa diharapkan mampu menguraikan arti, menyebutkan contoh pelaksanaan dan menerapkan pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma.

5.      Materi Pelajaran                :
1.      Pengertian dan contoh pelaksanaan Yadnya (Pertemuan I)
a.      Arti Nitya dan Naimitika Karma
a)      Nitya Karma berarti Yadnya yang dilakukan setiap hari. Nitya artinya selalu sedangkan karma artinya perbuatan atau Yadnya.
b)      Naimitika Karma berarti yadnya yang dilakukan sewaktu-waktu atau pada hari-hari tertentu.
b.      Contoh pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma
a)      Contoh pelaksanaan yadnya secara Nitya Karma
1.      Mebanten saiban setiap hari
2.      Melaksanakan Tri Sandhya
3.      Menghormati oragtua
4.      Rukun dengan saudara
5.      Memelihara dan merawat badan dengan baik
b)      Contoh pelaksanaan yadnya secara Naimitika Karma
1)      Melaksanakan piodalan pura
2)      Pelaksanaan hari-hari suci seperti Tilem, Purnama, Kajeng Kliwon
3)      Pelaaksanaan hari raya seperti Galungan, Kuningan Nyepi, Pagerwesi, Saraswati
4)      Melaksanakan upacara Ngaben
5)      Melaksanakan upacara otonan
2.      Penerapan pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika Karma (Pertemuan II)
a.       Hal-hal yang perlu kamu lakukan berkaitan dengan pelaksanaan Nitya Karma
1.      Melakukan Tri Sandhya 3 kali sehari
2.      Melakukan sembahyang di rumah sebelum berangkat sekolah
3.      Melakukan sebahyang Tri Sandhya di Padmasana sekolah ketika sudah sampai di sekolah
4.      Membantu ibu menyiapkan banten saiban setiap hari
5.      Melakukan kerja bakthi untuk membersihkan tempat suci
6.      Menjaga kerukunan dengan saudara
7.      Menghormati dan menuruti nasehat orangtua
8.      Menghormati guru dan melaksanakan perintahnya
9.      Memelihara hewan yang kita miliki dengan baik.

b.      Hal-hal yang perlu kamu lakukan berkaitan dengan pelaksanaan Naimitika Karma
1.      Membantu orangtua ketika mempersiapkan segala sesuatu menjelang hari piodalan atau menjelang hari raya. Msalnya mejejahitan, metanding, membuat penjor dll
2.      Melakukan persembahyangan pada hari-hari suci dan hari raya
3.      Merawat orangtua, kakek dan nenek ketika sakit
4.      Mengumpulkan dana bersama teman untuk membantu tean yang dirawat di rumah sakit, kena musibah dan tidak mampu
6.      Metode/Model pelajaran   :
a.       Ceramah
b.      Diskusi
c.       Tanya jawab

7.      Langkah-langkah Pembelajaran    :
a.    Pendahuluan (15 menit)
1)   Peserta didik bersama – sama mengucapkan salam panganjali “Om Swastyastu” dilanjutkan dengan doa belajar (saraswati puja)
2)   Menyampaikan tujuan pembelajaran

b.      Kegiatan inti (40 menit)
1)      Menjelaskan pengertian dan contoh pelaksanaan Yadnya
2)      Penerapan pelaksanaan Yadnya secara Nitya dan Naimitika karma
c.       Penutup (15 menit)
a.       Di akhir pembelajaran, guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah disampaikan.
b.      Mengevaluasi ulang hasil pembelajaran yang telah diberikan oleh guru.
c.       Post tes :
1.      Jelaskan pengertian Nitya Karma
2.      Jelaskan pengertian Naimitika Karma
3.      Sebutkan contoh pelaksanaan yadnya secara Nitya Karma
4.      Sebutkan contoh pelaksanaan Yadnya secara Naimitika karma

A.    Sumber Belajar
1.      Buku Pelajaran Agama Hindu untuk SD kelasVI.
2.      Buku penunjang materi yang masih relevan

B.     Media Pengajaran
1.      Papan tulis, spidol, dan penghapus
C.    Penilaian sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran, yaitu:
1.      Sebelum proses pembelajaran, guru memberikan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa mengenai materi yang akan disampaikan.
2.      Selama proses pembelajaran, yaitu pada saat guru menjelaskan materi, kemudian melakukan tanya jawab kepada siswa tentang pendapat masing-masing mengenai pengertian Panca Sradha.
3.      Setelah proses pembelajaran, penilaian dilakukan dengan post test, dan dijawab oleh siswa.
D.    Evaluasi
a.      Pilihan Ganda
b.      Uraian Singkat
c.       Menjodohkan
d.      Salah/Benar
e.       Uraian Panjang
 

Jakarta,  Desember 2015
                        Mengetahui,
                         Kepala SD

                  I Ketut Ulianta S. Pd
 Guru Mata Pelajaran Agama Hindu

                        
                          Saleppang




    

Subscribe to receive free email updates: