Indonesia Hanya Bisa Damai Jika Agama Mengarah ke Satu Tujuan

Ida Pedanda Gede Made Gunung
HINDUALUKTA-- Salah satu imam tinggi Bali, Ida Pedanda Gede Made Gunung, mengatakan saat ini dirinya tidak bisa memprediksi bagaimana keharmonisa umat manusia di tahun 2016.

Pasalnya, selama lebih dari tiga abad telah melayani masyarakat Blah Batu dan Bali, di tahun 2016 ini, banyak pemikiran manusia yang sulit diprediksi karena semua orang dapat membuat kebijakan sendiri sesuai dengan apa yang telah diwariskan orang tuanya.

Saat ditemui di beranda rumahnya di Blah Batu, dia mengatakan, jika sebelumnya pada tahun 2003 mantan presiden AS, George Bush pernah meminta saran kepadanya mengenai bagaimana cara mengatasi perang terhadap teroris, dirinya masih bisa menjawab.
 
"Saya mengatakan kepadanya semua orang menginginkan perdamaian, tapi itu tidak realistis ketika senjata ditembakkan," kata dia.

Namun ditahun 2016 ini, Pedanda Gunung mengatakan jalan menuju harmoni untuk Indonesia hanya dapat dicapai jika orang mengakui perbedaan keyakinan bahwa semua agama mengarah ke tujuan yang sama.

"Jika Anda membayangkan Jakarta sebagai surga, misalnya, Anda bisa sampai di sana dengan pesawat, atau bus, atau sepeda motor atau bahkan berjalan. Jadi, mengapa orang memperebutkan bagaimana Anda tiba di Jakarta. Orang-orang yang berdebat bagaimana Anda membuat perjalanan tidak berpikir, karena itu adalah tentang kendaraan saja, bukan tentang tujuan. Itu tujuan, surga, adalah sama untuk semua, tidak peduli bagaimana Anda sampai di sana," kata Pedanda Gunung dalam bahasa yang jelas dia terkenal.

Dia menambahkan nasihatnya masuk ke 2016 untuk Presiden Indonesia saat ini, Joko "Jokowi" Widodo, adalah untuk mengingat sejarah dan motto bangsa.

"Jika saya bertemu Jokowi saya akan mengatakan 'jangan lupa sejarah." Jika Anda lupa sejarah, bagaimana Anda dapat bergerak maju? Di masa lalu kami berjuang kolonialisme, sekarang kita memerangi kebodohan dan kemiskinan. Saya akan mengatakan 'menerapkan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika'," kata Pedanda Gunung, yang pada usia 65 tahun di kantornya.

"Saya hanya seorang pria, jadi kadang-kadang aku telah merasakan kebesaran dari tugas saya. Kami tidak memiliki jam kantor dan saya tidak pernah bisa pensiun sampai aku mati. Tapi aku bisa mendapatkan di atas ini melalui ketenangan dan selalu belajar dari lontar yang berusia lebih dari 300 tahun," ujar Imam Bali ini.

Dia pun menceritakan bahwa selain tugas agamanya, dia juga bertugas menerjemahkan teks suci Hindu India ke lontar. Simbol kaligrafi yang diukir ke dalam potongan bambu yang membentuk setiap buku lontar.

"Pertama saya menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, kemudian ke orang Bali dan lontar. Jadi itu adalah proses yang panjang. Ini adalah kisah kelahiran Dewi Gangga. Gangga berarti untuk pergi selamanya. Ini telah diambil setidaknya enam bulan untuk menerjemahkan dan menuliskan ke lontar, "kata Pedanda Gunung, yang berpakaian oranye hidup untuk memenuhi aliran pengunjung ke rumahnya mencari nasihat atau bantuan dari orang suci ini yang melihat Allah di rotasi bumi , terbit dan terbenamnya matahari dan detak jantung.

"Jika saya drop ini bagian dari kain katun ke dalam air, adalah kapas di dalam air atau air di kapas? Jawabannya adalah keduanya. Tuhan pada manusia dan orang-orang yang di dalam Tuhan, Tuhan dalam segala hal dan semuanya pada Tuhan, "kata Pedanda Gunung ketika berbicara tentang relevansi agama di dunia modern.

"Tuhan, aku merasa, adalah impersonal. Jadi itu berarti bahwa di era apapun ada tuhan. Manusia primitif, manusia modern, apakah kita percaya atau tidak, selalu ada Tuhan, "kata Pedanda Gunung yang mengikuti Siwa.

Menurutnya jsemua itu tidaklah mudah dijalani tetapi hal ini terjadi karena dirinya diajarkan orang tuanya bahwa jika anda ingin memahami atau mengetahui sesuatu makan anda harus mengetahui dulu apa intinya.

"Dari ibu saya saya belajar semua persembahan, nama-nama dan menggunakan mereka. Sebagai pedanda, Anda harus tahu hal-hal ini. Sama seperti montir mobil harus tahu alat-alatnya, sebagai wartawan harus memiliki pena. Menjadi seorang imam, prosesnya tidak mudah, untuk menjadi Imam, proses ini besar," sambungnya.

"Ayah saya memberi saya pertanyaan, 'Siapa aku? Mengapa saya hidup? Setelah ini [kehidupan] di mana untuk? Dan apa yang bisa saya bawa ada? 'Ini adalah pelajaran yang paling sulit saya dan saya belum belajar [jawaban]. Aku masih bertanya pada diri sendiri, 'siapa aku?'."

Dan Tahun Baru ini adalah waktu untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini mengatakan Pedanda Gunung. "2016 adalah tahun yang sangat baik untuk mempelajari sisi spiritual kehidupan, karena nomor yang berjumlah sembilan. Sehingga benar-benar tahun yang sangat baik untuk studi tentang spiritual, "kata imam besar yang membimbing masyarakat dengan humor dan kebijaksanaan

0 Response to "Indonesia Hanya Bisa Damai Jika Agama Mengarah ke Satu Tujuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel