SMP Kertha Wisata Taro Akan Jadi SMP Negeri Hindu Pertama di Gianyar

Arya Wedakarna MWS III Saat Kunjungi SMP Kerta Wisata Taro Gianyar Didampingi Kanwil Agama Provinsi Bali
HINDUALUKTA-- Setelah puluhan tahun menjadi mimpi, kini harapan rakyat Taro, Payangan, Gianyar yang ingin menjadikan SMP Kertha Wisata Taro menjadi sekolah negeri Hindu Pertama, hampir menjadi kenyataan.

Hal ini, ditandai setelah mendapatkan dukungan dari Senator DPD RI, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III saat melakukan kunjungan ke Dikti di Senayan. Dalam sambutannnya Wedakarna meminta SMP Kerta Wisata Taro berbenah sebelum finalisasi perubahan status menjadi SMP Negeri Hindu (Widyalaya).

“Desa Taro adalah desa tua, desa Hindu bersejarah dan memiliki banyak kontribusi untuk Bali Dwipa. Saya apresiasi, bahwa pihak Desa Adat sudah berkomitmen menyumbang tanah untuk pendirian lembaga pendidikan Hindu dari TK sampai Perguruan Tinggi. Kita akan coba dorong untuk SMP Negeri Hindu ( Widya Laya ) sesuai Peraturan Menteri Agama RI No.54 Tahun 2014 tentang Sistem Pendidikan Hindu. Syukurlah diera DPD RI saat ini, negara menyetujui adanya payung hukum terhadap sekolah Hindu," kata dia.

Saya sendiri yang akan mengawal hal ini, termasuk perubahan status IHDN Denpasar menjadi Univ Hindu Negeri Jaya Pangus dan pendirian STAH Negeri Mpu Kuturan di Singaraja dan STAH di Sulawesi dan DKI Jakarta. Kedepan saya minta Kabupaten / Kota segera mengajukan pendirian sekolah Hindu baik jenjang PAUD,TK,SD,SMP dan SMA/SMK. Aturan memungkinkan, anggaran di pusat juga ada, dan kita sambut kedaulatan Hindu dan Bali.” sambung Arya Wedakarna saat meninjau fisik sekolah sekaligus rakor dengan Kanwil Agama Bali, PHDI Bali, Camat Payangan, Kepala Desa Taro, Dinas Pendidikan Kab. Gianyar dan Bendesa Klian Adat di Taro.

Terkait dengan hasil inspeksi ke SMP Kerta Wisata Taro, pihaknya memberikan sejumlah nasihat diantaranya
  1. DPD RI akan mengawal disusunnya kurikulum SMP Widya Laya yang saat ini sudah diproses di Kanwil Agama Prov Bali, 
  2. DPD RI memegang komitmen dari Kanwil Agama Bali untuk memprioritaskan SMP Kerta Wisata Taro untuk menjadi Pilot Project sekolah Hindu tingkat SMP 
  3. Meminta kepada manajemen sekolah, desa adat, LPD Taro untuk segera membenahi infrastruktur sekolah dan manajemen termasuk persiapan tahun ajaran baru 2016 sebelum tim visitasi hadir ke Taro jika usulan penegrian disetujui. 
Sebagai wujud keseriusan anggota DPD RI Gusti Wedakarna, pihaknya telah mengeluarkan Surat Rekomendasi pada Agustus 2015 ke Menteri Agama RI untuk dukungan DPD RI terhadap pembangunan sekolah Hindu.



0 Response to "SMP Kertha Wisata Taro Akan Jadi SMP Negeri Hindu Pertama di Gianyar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel