Pengertian Bhakti Marga Yoga

Pengertian Bhakti Marga Yoga
HINDUALKTA -- Seperti kita ketahui bahwa Bhakti Marga Yoga merupakan salah satu bagian dari Catur Marga, yakni Bhakti Marga Yoga, Karma Marga Yoga, Jnana Marga Yoga dan Raja Marga Yoga. Bhakti Marga Yoga merupakan gabungan dari kata Bhakti Marga dan Bhakti Yoga.

Yang dimana Bhakti yang artinya mencurahkan atau menyalurkan, cinta yang tulus dan luhur kepada Sang Dewata atau Sang Hyang Widhi, kesetian, pelayanan, dan perhatian yang sunggu-sunggu untuk memuja-Nya.

Jika dibandingkan dengan persembayangan Bhakti lebih luas pengertianya. Bhakti merupakan landasan filsafat melalui cinta kasih yang tulus dan pengabdian yang tinggi kepada Tuhan Yang Maha Esa atau Dewata.

Sedangkan kata Marga yaitu berjalan atau usaha dan kegiatan. Kemudian untuk kata Yoga adalah suatu usaha atau cara yang digunakan untuk menghubungkan diri dengan Dewata atau Sang Hyang Widhi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Bhakti Marga Yoga adalah suatu usaha untuk menghubungkan diri dangan Dewata atau Tuhan dengan landasan cinta kasih, pengabdian secara tulus iklas dengan landasan dharma. Atau Bhakti Marga Yoga juga dapat dikatakan sebagai suatu alat yang sekaligus sarana mempersatukan manusia dengan Sang Hyang Widhi.

0 Response to "Pengertian Bhakti Marga Yoga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel