Pengertian Catur Marga Atau Catur Marga Yoga

Pengertian Catur Marga Atau Catur Marga Yoga
HINDUALUKTA-- Seperti kita ketahui dalam Hindu memiliki banyak cara untuk mencapai Yang Kuasa sehingga dikatakan bahwa apapun jalanya atau caranya yang penting berlandaskan dharma, maka Sang Dewata akan tetap menerimahnya. Salah satu jalan yang diyakini orang Hindu akan dapat membawahnya ke sang Dewata yakni Catur Marga Atau Catur Marga Yoga.

Catur Marga Atau Catur Marga Yoga terdiri dari dua kata yaitu Catur dan Marga. Catur yang artinya empat dan dan Marga yang berarti cara/jalan atau usaha. Jadi Catur Marga (catur Marga Yoga) adalah empat cara atau jalan umat Hindu untuk menghormati dan menuju ke jalan Dewata.

Adapun bagian-bagian dari Catur Marga Yoga Yakni Sebagai berikut:
  1. Bhakti Marga Yoga
  2. Karma Marga Yoga
  3. Jnana Marga Yoga
  4. Raja Marga Yoga
Ajaran Catur Marga ini tertera dalam kitab Suci Bhagavad Gita terutama pada Trayodhyaya tentang karma Yoga atau Marga. Dalam ajaran ini berisi tentang bagaimana cara untuk membedakan ajaran Subha Karma/perbuatan baik dan Asubha Karma/perbuatan tidak baik. Dalam ajaran ini dibedakan lagi menjadi dua yakni perbuatan tidak berbuat atau Akarma dan perbuatan yang keliru atau Wikarma.

Karma dalam ajaran Catur marga Yoga memiliki dua makna yakni karma terkait ritual atau yajna dan karama dalam arti tingkah atau perbuatan.

0 Response to "Pengertian Catur Marga Atau Catur Marga Yoga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel