Manajemen Mutu Pasraman

HINDUALUKTA-- Manajemen mutu merupakan sebuah proses kerjasama yang sistematik, dan komprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan. Manajemen mutu juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan pendidikan berkualitas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan yang dimaksud mutu pasraman adalah penyelenggaraan proses pembelajaran di pasraman yang bermutu.  

Manajemen mutu pasraman berarti melakukan pengelolaan unsur atau aspek – aspek penyelenggaraan pendidikan agar menjadi memiliki mutu baik di pasraman. Adapun aspek penting dalam penyelenggaran pendidikan Agama Hindu di pasraman antara lain yaitu dimulai dari input yang meliputi landasan hukum pendirian pasraman, fungsi pasraman, tenaga pendidik di pasraman dan peserta didik pasraman. Proses pembelajaran di Pasraman meliputi sistem pembelajaran yang ada di Pasraman dan Output atau kompetensi lulusan Pasraman.

Pasraman sebagai lembaga pendidikan Hindu, harus dikelola dengan baik untuk mewujudkan pembelajaran bermutu yang pada akhirnya dapat menghasilkan mutu sebagai hasil dari pendidikan. Adapun sasaran mutu hasil pendidikan pasraman antara lain :

a. Berakhlak Mulia (Beriman & Bertakwa)
b. Cerdas, Kreatif, Inovatif
c. Cakap berkomunikasi / bersosialisasi
d. Menguasai ilmu pengetahuan
e. Terampil bekerja
f. Bertanggung jawab sebagai warga bangsa

Dengan demikian, maka hasil proses pendidikan di pasraman memiliki sasaran mutu yang tidak hanya pada kualitas peserta didik dalam ilmu pengetahuan agama saja yang mencakup nilai – nilai keagamaan, tetapi lebih luas bahwa pendidikan di pasraman harus dapat menjadikan peserta didik memiliki ilmu sosial yang diwujudkan dengan kecakapan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi di masyarakat serta memiliki rasa tanggungjawab terhadap dirinya sendiri sebagai warga negara Indonesia.

Subscribe to receive free email updates: