Para dan Apara Vidya

Cerita Upanisad "Para dan Apara Vidya"

Ringkasan:

Cerita ini berisi tentang percakapan antara Narada dan Rsi Sanatkumara mengenai Para Widya (pengetahuan spiritual/tingkat tinggi) dan Apara Widya (pengetahuan material/rendah). (Chandogya Upanisad, Rsi Angirasa)

Narada sahabatku, semua yang anda ketahui itu hanyala nama dan kata-kata yang tidak perlu. Anda hanya dapat merai apa yang dapat diraih oleh kata-kata tersebut.Tidak lebih dari itu kata Rsi Sanatkumara.

Narada kemudain bertanya:” apakah ada yang lebih besar dari nama dan kata-kata?
Nama dan kata-kata = Kekuatan Ujaran = Kesadaran Pikiran (Keinginan) = Kesadara = Meditasi = Kekuatan pemahaman = Kekuatan atau Tenaga = Makanan = Air = Panas = Akasa/Ether = ATMAN



1. Nilai-nilai yang terkandung dalam Para dan Apara Vidya
  • Narada bersifat baik dan penuh keinginan akan kebahagian abadi. Meskipun Narada memiliki pengetahuan yang sangat banyak namun dia tidak sombong. Narada masih ingin belajar kepada Rsi Sanatkumara tentang pengetahuan para widya (Jiwa/atman/spirit benda-benda).
  • Rsi Sanatkumara memiliki sifat yag tulus dan selalu siap melayani siapa mengajarkan kebenaran.

2. Makna filosofi dalam cerita Para dan Apara Vidya
  • Tampa pengetahuan Apara Widya pengetahuan Para tidak mungkin dapat di capai. Maka dari itu, keduanya sangat penting untuk dicapai sebab jika tidak ada salah satunya maka tidak lengkap.
  • Atman adalah kekuatan yang merupakan pemeran utama dari semua mahluk. Atman yang mendorong manusia untuk memperoleh kebahagian. Tidak ada manusia yang bertindak tampa mencari kebahagian. Manusia mengalami penderitaan karena keterbatasan tidak mengetahui tentang hakekat atman atau Para Widya yang merupakan keabadaia dan kebahagiaan yang tiada duanya.

3. Tanggapan penulis terhadap cerita Para dan Apara Vidya

Pada halaman 99 dikatakan bahwa pengetahuan para dan apara vidya sama-sama penting dan tidak ada salah satu pun yang lengkap tampa memperoleh yang lain. Tetapi pada percakapan antara Narada dan Rsi Sanatkumara pada halaman 101, Rsi Sanatkumara mengatakan semua yang anda ketahui itu hanyalah nama dan kata-kata yang tidak perlu.

0 Response to "Para dan Apara Vidya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel