Plt Gubernur DKI Siap Bantu Infrastruktur Umat Hindu

HINDUALUKTA -- Sabtu 25 Maret 2017, Umat Hindu DKI Jakarta melaksanakan upacara Melasti di Pura Segara Cilincing, Jakarta Utara. Hadir dalam acara tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Dr. Soni Sumarsono, M.DM bersama jajaranya, Walikota Jakarta Utara, Ketua Bimas Hindu DKI, Peradah, serta ribuan umat lainya yang berasal dari Se-Jabotabek.

Foto Ferry Rende.
Foto Ferry Rende

Sekitar pukul 15;30, Gubernur tiba di lokasi disambut ketua panitia pelaksana nyepi tahun 2017 bersama sejumlah umat. Sesampainya di Pura, Gubernur langsung meninjauh sekitar pura Segara. Setelah itu, pria yang akbrab dipanggil Sumarno itu, memasuki Jabotengah untuk menyampaikan sejumlah kesan.

Dalam sambutanya, Sumarno berharap agar umat Hindu tetap menjaga toleran antar umat beragama. Selain itu, dirinya juga berterimaksih kepada warga Hindu DKI karena telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota.

"Terimah Kasih kepada umat Hindu karena telah membantu pemerintah menjaga DKI serta membangun keragaman umat beragama. Kedepanya, saya berharap umat Hindu tetap menjaga kerukunan, toleran, antar umat beragama," kata dia di depan ribuan umat Hindu, Sabtu 25 Maret.

Foto Ferry Rende.
Foto Hindu Alukta
Selain itu, Gubernur juga berjanji siap membantu Infrastruktur umat Hindu. Pasalnya keadaan Pura Segara masih minim. Apalagi, Pura Segara merupakan tempat Kremasi (Ngaben) umat Hindu se-DKI.

"Panitianya pintar, Pak Gubernur diajak keliling, naik jembatan goyang-goyang. Jadi sulit untuk mengatakan tidak membantu. Pasti membantu. Apalagi Pura Segara, tempat kremasi umat Hindu. Saya liat ovennya tidak ada, padahal ini tempat berhubungan dengan alam niskala (Hubungan Tuhan)." ungkapnya.

"Pura ini, merupakan tempat berkumpul umat Hindu, tetapi keadanya juga masih perlu pembenahan, saya liat masih sempit, perlu diperluas agar lebih kusut saat sembayang. Maka dari itu, saya sudah infokan ke pak walikota untuk membantu semua hal yang diperlukan. Minggu ini saya tunggu proposalnya" ujar dia.

Foto Niketut Suriastini.
Foto Niketut Suriastini
Usai memaparkan sambutanya, Plt Gubernur, kemudian meninggalkan lokasi.

Seperti diketahui, upacara Melasti yang dilaksanakan di Pura Segara, Cilincing, Jakarta Utara tersebut, dihadiri ribuan masyarakat Hindu se-Jabotabek. Terlihat dari pantauan Hindu Aluk, Umat memenuhi Jabotengah hingga Jabosisi.

Subscribe to receive free email updates: