Jokowi Hadiri Dharma Shanti Nasional

Sambutan Presiden Joko Widodo
HINDUALUKTA__ Presiden Joko Widodo menghadiri Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu 22 April 2017.

Jokowi tiba ditempat pada pukul 10.00 disambut, Panglima TNI, Korpri, Polri, Ketua Umum  PHDI, Ketua  Umum  Panitia  Nasional serta ribuan umat dari berbagai daerah.

Dalam Sambutanya Jokowi, menyampaikan ucapan selamat hari raya bagi para umat Hindu di Indonesia.

"Semoga perayaan Nyepi yang waktunya berdekatan dengan Hari Raya Galungan dan Kuningan bisa memberikan keheningan jiwa, rasa Shanti atau kedamaian, dan juga Jagadhita atau kesejahteraan bagi kita semua," kata pria nomor satu di Indonesia itu.

Tarian Saat Presiden Memasuki Ruangan

Dalam acara yang diberi tema "Jadikan Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Kebhinekaan Berbangsa dan Bernegara Demi Keutuhan NKRI" itu, Bapak Presiden berharap masyarakat Indonesia khususnya umat Hindu tetap menjaga toleran antar beragama melihat Indonesia terdiri dari sekitar 1.340 suku.

Dia mengatakan perbedaan bukanlah penghalang untuk mewujudkan kebersamaan dan keharmonisan masyarkat Indonesia. Asalkan kita tetap menjaga Pancasila sebagai falsafah negara. Sebab Pancasila mampu mempersatukan kita.

"Semua perbedaan itu, tidak harus diseragamkan. Tidak juga harus ditiadakan, atau bahkan dilenyapkan. Semua perbedaan dan keragaman itu justru harus diikat oleh tali-tali persaudaraan, tali-tali kebersamaan dan tali-tali persatuan Indonesia. Dalam mengelola keragaman, mengelola kemajemukan kita bersyukur memiliki Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dan pemersatu kita semua. Memegang teguh Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Sebab Bhinneka Tunggal Ika mampu mengharmoniskan Indonesia," tegas dia.

Foto Bersama dengan Bapak Presiden
Usai menyampaikan sambutanya Bapak Presiden melakukan foto bersama dengan Panglima TNI, Korpri, Polri, Ketua Umum  PHDI, Ketua  Umum  Panitia  Nasional. Setelah itu, Jokowi berjalan keluar ruangan sambil menyalami para umat dan meninggalkan tempat.

Dharma Shanti  nasional merupakan acara rutin yang dilakukan oleh umat hindu setiap tahunnya sebagai rangkaian perayaan nyepi tahun baru saka 1939.

0 Response to "Jokowi Hadiri Dharma Shanti Nasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel