Pengertian Panca Upaya Sandhi dan Bagian-bagianya

HINDUALUKTA -- Panca Upaya Sandhi berasal dari tiga kata yakni Panca yang berarti Lima, Upaya yang berarti akal,  atau usaha dalam hal ini jalan keluar suatu persoalan dan Sandhi yang artinya kode, rahasia atau berita.



Jadi Panca Upaya Sandhi dapat diartikan Lima tekni atau cara yang harus dimiliki seorang pemimpin guna menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Selain itu Panca Upaya Sandhi juga dapat diartikan lima upaya dalam memimpin.

Dalam Lontar Siwabuddha Gama Tattwa, Panca Upaya Sandhi  diartikan sebagai lima macam usaha dan upaya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk menghadapi dan menyelesaikan persolan serta tantangan yang menjadi tanggung jawabnya.

Adapun Bagian-Bagian dari Panca Upaya Sandhi adalah sebagai berikut:

1. Maya
Maya maksutnya adalah seorang pemimpin hendaknya memiliki dan melakukan upaya dalam pengumpulan data atau permasalahan yang belu jelas kedudukan dan profesinya, sehingga dapat dilakukan penataan lebih lanjut untuk mencapai kesempurnaan.

2. Upeksa
Upeksa maksutnya adalah seorang pemimpin hendaknya memiliki upaya dan kemampuan untuk meneliti dan menganalisis semua data dan informasi yang ada, sehingga semua permasalahan yang dihadapi itu dapat diletakkan pada proporsinya.

3. Indrajala
Indrajala maksutnya adalah seorang pemimpin hendaknya memiliki upaya dan kemampuan untuk mencarikan jalan keluar setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang dipimpinnya.

4. Wikrama
Wikrama maksutnya adalah seorang pemimpin hendaknya memiliki upaya dan kemampuan untuk melaksanakan semua rencana dan rumusan yang telah diprogramkan sebelumnya.

5. Logika
Logika maksutnya adalah seorang pemimpin dalam melaksanakan semua tindakannya, hendaknya selalu didahului dengan pertimbangan nalar yang sehat dan dapat diterima oleh masyarakat. Keputusan yang diambil harus masuk akal dan logis tanpa emosi.

Demikian Pengertian Panca Upaya Sandhi dan Bagian-bagianya semoga bermanfaat.




Subscribe to receive free email updates: