Bupati Lampung Timur Bertekat Masukkan Yoga ke Event Kalender Wisata

HINDUALUKTA -- Sebanyak 200 warga Lampung Timur mengikuti senam Yoga Masal di Lapangan Desa Sidorejo, Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Minggu (30/4/2017).

Yoga Masal yang bertajuk Sadhana Youth Camp tersebut, turut dihadiri Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim. Dalam sambutanya, Chusnunia berharap agar kedepan yoga massal dapat juga dilakukan di kabupaten sekaligus dapat dimasukkan dalam even kalender wisata yaitu festival yoga pada tahun 2018 yang dimotori Dinas Kesehatan Lampung Timur.

"Karena ini bermanfaat untuk kesehatan, selain festival senam dan lain sebagainya nanti termasuk khusus temanya yoga," kata dia kepada Evi Darwati dihadapan para peserta.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim
Selain itu, hadir juga instruktur ternama Made Irawan dari Jakarta. Menurut pria yang juga dosen di Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta (STAH DNJ) tersebut, Yoga merupakan seni yang menggabungkan olah fisik atau raga, olah pikiran atau rasa, dan olah budi atau kecerdasan.

Menurutnya, yoga memiliki banyak jenis seperti misalnya Bhakti Yoga atau yoga untuk penyembahan, Karma Yoga yaitu yoga untuk tugas atau aksi, Jnana Yoga atau yoga untuk pengetahuan dan Hatha Yoga yaitu yoga untuk penampilan badan.

"Sehingga secara langsung ataupun tidak langsung yoga ditujukan agar kita sehat secara fisik, mental, dan spiritual dengan cara berdamai dengan diri kita sendiri," kata dia didepan para peserta.

Lebih lanjut, pria yang akrab dipanggil Pak Made tersebut mengatakan, sebenarnya yoga sangat penting dan bermanfaat bagi manusia modern, sebab yoga mampu menenangkan pikiran dari segala masalah seperti beban pikiran karena sibuk dengan aktifitas.

"Beban pikiran yang terus menerus menyebabkan penumpukan darah. Darah yang kotor yang menyebabkan kita sakit,"kata dia.

Foto;Ist
Hadir pula Dirjen Bimas Hindu dari Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Drs. I Ketut Widnya, MA,M.Phil, Ph.D, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia, Putu Eka Mutia Sari, Ketua Parisada Hindu Dharma Lampung Timur, I Wayan Sutapa, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, dr.Evi Darwati, MARS, Kabag Humas Lampung Timur, Arli Rasyid, dan Camat Sekampung Udik, Supriyanto.

Subscribe to receive free email updates: