Pengertian Sadangga Yoga dan Bagian-Bagianya

HINDUALUKTA -- Sadangga Yoga adalah enam tahapan untuk mencapai kelepasan melalui jalan Yoga. Demikian tertulis dalam lontar Wrhaspati Tattwa pasal 53 yang berbunyi:

Pratyaharas tatha dhyanam
Pranayamasca Dharanam
Tarkasca iva samadhis ca
Sadangga yoga ucyate

Terjemahan:

Adapun yang disebut Sadangga Yoga yaitu alat bagi orang yang ingin menemukan Sang Hyang Wisesa, Ada yang disebut Prathyahara yoga, Ada yang disebut dhyana yoga, ada pranayama yoga, dan ada Dharana Yoga, ada yang disebut Tarka Yoga, dan ada yang disebut samadhi Yoga. Itulah yang disebut Sadangga Yoga.

Foto Gede Adi
Kemudian dalam Lontar Ganapati Tattwa dialog antara Bhatara Siwa dengan Ganapati tentang kelepasan dijelaskan bahwa Sadangga Yoga adalah enam Tahapan Yoga (GT 3).

Adapun Bagian-bagian dari Sadangga Yoga adalah sebagai berikut:

1. Prathyahara Yoga

Yaitu tahap penarikan indria dari segala objek duniawi. Citta, buddhi dan manah tidak dibiarkan mengembara. Segalah tujuan kepuasan hawa nafsu dikendalikan dengan ketenangan pikiran yang teguh.

2. Dhyana Yoga

Yaitu pikiran yang tidak mendua, tidak berubah tetap suci tenang senantiasa tidak terhalang (WH 55).
Pikiran selalu tenang didalam suka dukanya tiada pernah gelisah tetap teguh tanpa terpengaruhi kesadaran pemikiran yang manunggal itulah jadi prilakunya (GT 5).

3. Pranayama Yoga

Yaitu tutup semua lubang yang ada padah tubuh, seperti mata, hidung, mulut telinga, udara yang telah diisap tadi dikeluarkan melalui ubun-ubun. Bila tidak terbiasa mengeluarkan udara melalui jalan itu, dapat dikeluarkan melalui hidung. namun dengan cara perlahan-lahan udara dikeluarkan.

4. Dharana Yoga

Yaitu secara spritualnya sebagai simbol bahwa Omkara itu ada di hati, yaitu sebagai pusat pengendalian pengaruh unsur jasmaniah, bila tenang tiada lagi terdengar sesuatu dalam saat beryoga, maka dalam status nilah Bhatara (atma) dalam perwujudan sunyasiwatma (manunggal) dengan sumber jiwa Alam semesta (Sadasiwa) (GT 7). Kemudian dalam WT 57 dikatakan bahwa Dharana Yoga yaitu ada suara Om Kara terletak dihati, itulah yang harus dikuasai, bila hilang dan tidak terdengar lagi dikala melakukan yoga itulah yang disebut Siwatma, Sunya badannya Bhatara Siwa bia demikian itulah yang disebut dharana yoga.

5. Tarka Yoga

Yaitu bagaikan langit/angkasa pikiran suci (paramartha) itu, yang tiada terpengaruh sesuatu, sebab tak ada unsur suara padanya, begitulah simbulnya Paramartha, yang berlainan dengan angkasa udara, walaupun persamaannya sungguh sangat jernih, demikianlah disebut Tarka Yoga.

6. Samadho Yoga

Yaitu Batin yang tidak lalai tiada berharap, tampa keakuan, tiada sesuatu yang diinginkannya, tak ada yang diperlukan, tenang tiada terpengaruh, itulah yang dinamakan Samadhi Yoga.

Demikianlah pengertian dan Bagian dari Sadangga yoga semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: