Pengertian Ibu dalam Kitab Suci Hindu

HINDUALUKTA -- Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ibu adalah wanita yang telah melahirkan seseorang ; sebutan untuk wanita yang sudah bersuami ; panggilan yang takzim kepada wanita baik yang sudah bersuami maupun yang belum.

Dalam kitab suci Hindu ibu merupakan suatu yang sangat utama dimana wanita membawa peran penting dalam kehidupan. Ibu merupakan wanita yang membawa keberutungan serta sebagai lambang kemakmuran dan ilmu pengetahuan yang secara tidak langsung mendidik kita pada saat kita baru lahir. 
Pengertian Ibu dalam Kitab Suci Hindu

Dalam sastra Hindu maupun dalam kitab suci dikatakan bahwa ibu merupakan wanita yang utama. Salah satu contoh misalnya yang disebutkan dalam gayatri Mantram yang berbunyi demikian "gayatri mantra merupakan ibu dari semua mantra" jadi dapat dikatakan bahwa sebagai wanita atau ibu mempunyai kedudukan yang utama dalam semua aspek kehidupan yang memegang kendali serta sebagai motivator dalam keluarga.

Karena dipandang sebagai ibu mantra, maka mantra yang paling penting kita kenal dan merupakan pokok atau ibu dari semua mantra dan weda adalah mantram Gayatri. Mantram Gayatri juga menjadi bagian dalam mantra Tri Sandhya yang menjadi mantra Persembahyangan umat Hindu.

Mantram Gayatri juga dinyatakan sebagai Ibu dari segala mantram, Gayatri juga disebut sebagai doa yang universal yang terdapat dalam Kitab Suci Weda, Baik Reg Weda, Yajur Weda maupun Sama Weda. Mantra ini dapat dipergunakan untuk memohon kejernihan akal budi agar tercipta kebenaran tanpa penyimpangan.

Mantram Gayatri dianggap sebagai intisari dari seluruh ajaran weda, sehingga ada orang yang menyatakan bahwa sesungguhnya orang tidak perlu mengucapkan Mantram apapun selain Gayatri Mantram, Maka dari itu kita sangatlah penting untuk menghormati keberadaan ibu (wanita) karena ibu merupakan yang utama seperti yang telah terpapar di atas maka ibu itu sendiri memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan atau revormasi dalam kehidupan.

1 Response to "Pengertian Ibu dalam Kitab Suci Hindu"

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel