Doa Sebelum Tidur Agama Hindu

HINDUALUKTA -- Doa atau dalam ajaran agama Hindu lebih dikenal dengan sebutan Mantra adalah sebuah pola gabungan kata-kata bahasa Veda yang diindentikkan dengan dewa atau dewi tertentu. Dr. L. R. Chawdhri, (2003 : 97) menjelaskan bahwa Mantra digunakan dalam sadhana Tantra atau berbagai ritual, diucapkan atau diulang-ulang dalam berbagai kombinasi dan konteks, yang kemudian membuat pola vibrasi tertentu. Seseorang juga dapat mencapai kesehatan yang baik, nasib baik dan kemenangan atas musuh dengan mengucapkan mantra tertentu.


Salah satunya misalnya Doa atau Mantra sebelum tidur selalu di ucapkan sebelum tidur dengan harapan agar Tuhan Sanghyang Widhi Wasa mengampuni segala kesalahan kita selama beraktifitas seharian penuh baik sengajah maupun tidak sengajah.

Berikut Mantra atau Doa Sebelum Tidur Dalam Agama Hindu

“Kara-Carana-Krtam Vak-Kayajam Karmajam Va
Sravana-Nayanajam Va Manasam Va (A) Paradham
Vihitamavihitam Va Sarva Metat Ksamasva
Jaya Jaya Karunabdhe Sree Mahadeva Sambho”.

Terjemahan: 

Oh Sanghyang Widhi, Ampunilah Tindakan Salah Yang Saya Lakukan Secara Sadar Atau Tidak Sadar, Baik Melalui Organ Tindakan Atau Melalui Organ Persepsi Atau Pikiran Saya. Kemuliaan Kepada-Mu Oh Sanghyang Widhi, Yang Merupakan Lautan Kebaikan (Dana Dan Suratnaya, 2013: 40).

Mantra di atas dapat kalian peroleh dalam Buku Mantra Samhita, Himpunan Doa Hindu karya I Nengah Dana dan Dewa K Suratnaya terbitan Media Hindu Tahun 2013.

Pengucapan mantra di dalam ajaran agama Hindu dibagi menjadi tiga bagian diantaranya yakni (1) Vaikari yaitu pengucapan mantra didengar oleh orang lain, (2) Upamsu yaitu pengucapan mantra secara berbisik-bisik atau tidak di dengar tetapi bibir bergerak, dan Manasika yaitu pengucapan mantra di dalam hati, mulut tidak bergerak.

Dari ketiga jenis pengucapan mantra di atas yang paling baik yakni pengucapan mantra di dalam hati, tetapi bagi anak-anak atau orang tua yang mengajarkan anaknya bisa menggunakan vaikari atau upamsu. Karena pada intinya tujuan dari sembahyang atau pengucapan mantra dalam agama Hindu yakni ketulusan dan penyerahan sepenuhnya kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa.

0 Response to "Doa Sebelum Tidur Agama Hindu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel