Pengertian Tri Murti dan Bagian-bagiannya

Tri Murti
HINDUALUKTA-- Tri Murti adalah tiga kekuatan Sang Hyang Wihdi dalam mencipta, memelihara dan melebur alam beserta isinya.

Tri Murti terdiri dari:

1. Dewa Brahman (Pencipta)

Dewa Brahman adalah kekuatan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai pencipta alam. Beliau juga disebut Dewa Agni ( Dewa Api). Karena api dapat mencipta dari apa yang belum ada menjadi ada. Seperti contohnya ketika kita lapar. Kemudia memasak beras dan menghasilkan nasi karena adanya api. Seperti itulah Dewata menciptakan dari yang belum ada menjadi ada. Kekuatan menciptakan tersebut disebut Dewa Brahman (Pencipta).

Sakti Dewa Brahman adalah Dewi Saraswati. Dewa Brahman disimbolkan dengan hurut A (Ang). Senjata Dewa Brahman adalah Gada. Arah yang ditempati adalah arah selatan dengan lambing warnah merah. Kekuatan mencipta alam dalam istilah Sanskerta disebut Uttpati.

2. Dewa Wisnu (Pemelihara)
Dewa Wisnu adalah kekuatan Tuhan dalam menciptakan alam semesta beserta isinya. Beliau dilambangkan sebagai Dewa Air, karena dapat memelihara kelangsungan hidup makhluk di dunia ini. Seperti Contohnya  ketika kita menanam pohon. Agar pohon itu tidak mati pada musim kering maka perlu dipelihara dengan cara menyiramnya setiap hari agar tidak kekeringan.

Demikianlah Tuhan dalam memelihara setiap ciptaanya. Dewa Wisnu disimbolkan dengan huruf U (Ung). Sakti Dewa Wisnu adalah Dewi Sri atau Dewi Laksmi. Dewi Sri atau Dewi Laksmi sebagai Dewi Kesejahteraan. Dewa WIsnu menempati utara dengan warna Hitam dan Senjata Cakra.

3. Dewa Siwa (Pelebur)
Dewa Siwa adalah kekuatan Tuhan (dewata) sebagai pelebur (praline) alam dan isinya. Alam dan isinya ini semuanya dari Brahman (Tuhan) dan pada akhirnya akan  kembali kepada Brahman (asalnya). Hal ini dikarenakan adanya Hukum Rta.

Dewa Siwa adalah kekuatan Tuhan untuk mengembalikan semua yang ada ke asalnya. Semua yang lahir, tumbuh, berkembang dan pada akhirnya akan mati. Tidak ada yang dapat menahan kuasa Dewata. Hal inilah yang disebut Hukum Rta (Hukum Alam) yang pasti akan terjadi pada semua mahluk hidup. Hukum inlah yang disebut Tri Kono (Lahir=uttpati, Hidup=shttiti, dan Mati=pralina).

Dewa siwa disimbolkan dengan huruf M (Mang). Saktinya adalah Dewi Uma atau Dewi Durga. Dewa Siwa menempati arah tengah dengan warna panca warna, dan senjatanya Padma Anglayang Atau Tri Sula.

Demikianlah Dewa Tri Murti adalah tiga kekuatan Tuhan dalam mencipta, memelihara dan melebur. Simbol hurufnya adalah AUM dipadukan menjadi OM. Om adalah aksara suci untuk menyebut Dewata (Sang Hyang Widhi).
Catatan:

Dewi Saraswati adalah sakti Dewa Brahman sebagi dewi ilmu pengetahuan. Dewi Saraswati sebagai dewi pelindung, pelimpah pengetahuan, kesadaran, sastra, dan sebaginya Disimbolkan sebagai sakti Dewa Brahman karena Dewa Brahman sebagai pencipta ilmu pengetahuan. Sehingga Dewa Brahman diberi gelar Dewa kecerdasan atau Dewa Kebijaksanaan.

2 Responses to "Pengertian Tri Murti dan Bagian-bagiannya"

  1. lord Buddha Mahabodhi Vihar or Mahabodhi Tree is a famous Buddhist vihara located in Land of Gautam Buddha Bodh Gaya. Listed in World Heritage by UNESCO.

    ReplyDelete
  2. Tri murti adalah SAGUNA BRAHMAN

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel