Pengertian Yoga Sutra

 


HINDUALUKTA-- Dalam hindu dikenal adanya Yoga sebagai salah satu cara untuk mencapai moksa. Salah yoga yang cukup terkenal yakni Yoga Sutra. Yoya Sutra merupakan karya Maharsi Patanjali .

Secara etimologi, Yoga Sutra adalah text Hindu yang diterjemahkan oleh Svami Jnaneshvara. Yoga Sutra lahir dari aliran Samkhya, satu dari 6 aliran original (Sad Dharsana) Hindu dari jaman weda. Yoga Sutra muncul sekitar abad ke-3 atau ke-2 SM, yang merupakan buku panduan tradisional bagi Raja Yoga.
 
Seperti kita ketahui bahwa, Sad Darsana adalah enam pandangan filsafat Hindu. Filsafat mengkaji keberadaan sesuatu tentang sumber dan kebenaran pengetahuan (episteme), batas-batas pengetahuan, struktur pengetahuan dengan Logika, kebenaran dari Filsafat Ilmu. Secara Ontologi Filsafat Darsana berfungsi untuk mengkaji keberadaan sesuatu baik abstrak (metafisis), kongkrit (fisis) sejauh sesuatu itu (ADA). 

Contonya misalnya: Fisika (alam fisik), Biologi (manusia, binatang, tumbuhan) dan Metafisika (atman, Brahman, waktu). Filsafat berbicara masalah nilai-nilai atau norma-norma yang ada pada  manusia, berkaitan dengan baik/buruk, indah/tidak indah.

Adapun bagaian bagaian dari Sad Darsana adalah sebagai berikut:
  1. Nyaya Darsana oleh Rsi Gotama. Pokok ajaran Nyaya adalah logika (Tarka Veda).
  2. Vaisiseka, oleh Rsi Kanada. Vaisiseka mengajarkan tentang pengetahuan yang menuntut orang untuk realisasi sang diri.
  3. Samkhya, oleh Rsi Kapila. Samkhya mengajarkan ajaran yang sistematis tentang proses perkembangan kejadian alam semesta. 
  4. Yoga, oleh Rsi Patanjali. Yoga mengajarkan latihan mengendalikan badan dan pikiran untuk mencari tujuan terakhir yang disebut samadhi.
  5. Purwa Mimamsa, oleh Rsi Jaimini. Ajaran ini mengajarkan tentang dasar-dasar ajaran dharma, lebih menekankan kepada ritual dan etika dari pada filsafat.
  6. Vedanta /Utara Mimamsa Vedanda oleh Rsi Badrayana, merupakan puncak filsafat india yang berdasarkan atas ajaran Upanisad. Pokok ajaran Vedanta ialah membicarakan hubungan antara Tuhan dengan dunia, antara Atma dengan Paramatma. Didalam kitab Bhagavadgita, Vedanta disebut Brahma Sutra. (Sura,1984:13) .
Reff; Pengaruh Triguna Terhadap Tingkat Sradha Dalam Pengembangan Budhi Pekerti

0 Response to "Pengertian Yoga Sutra"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel