Jambore Pasraman Hindu Tingkat Nasional IV Tahun 2016 Resmi Dibuka

HINDUALUKTA— Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, H. Nur Syam, mewakili Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin secara resmi membuka Jambore Pasraman Hindu Tingkat Nasional ke IV Tahun 2016, di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Rabu 2017 Juli 2016.

Dalam sambutanya, Nur mengatakan dengan adanya Jambore Pasraman secara berkelanjutan, generasi Hindu bisa membangun Negara dalam kebhinekan. Selain itu, Jambore Pasraman juga merupakan salah satu wahana bagi generasi Hindu untuk mencetak anak-anak emas demi bangsa Indonesia kedepanya.

“Jambore Pasraman merupakan wahana bagi generasi muda Hindu untuk memupuk rasa cinta tanah air sekaligus membangun kebhinekaan nusa dan bangsa. Saya yakin generasi muda Hindu bisa menjadi generasi emas pada100 tahun bangsa Indonesia,” kata H. Nur Syam di Hotel Sheraton Mustika.

Jambore Pasraman ini, diselenggarakan dua tahun sekali dengan jumlah peserta 471 orang serta 96 official dari 32 provinsi di Indonesia.

Masing-masing provinsi mengirimkan 15 orang, kecuali Nanggroe Aceh Darusalam yang hanya mengirimkan lima peserta. Para peserta terbagi atas 3 kelompok, yakni tingkat SD, tingkat SMP dan tingkat SMA/K.

Adapun jenis lomba yang diselenggarakan antara lain lomba Mantra Tri Sandhya, lomba Kramaning Sembah, lomba Yoga Asanas, lomba Cipta Lagu Kreasi Keagamaan Hindu, lomba Puisi Keagamaan Hindu, lomba Pantun Keagamaan Hindu, Pelafalan Doa Sehari-hari dan lomba Outbound dan juga kegiatan Pendalaman atau Pembinaan serta Sarasehan.

Adapun tema Jambore tahun ini yakni “Jambore Pasraman Nasional sebagai Wahana Meningkatkan Patriotisme Bangsa, Kerukunan dan Pengalaman Ajaran Agama,” demikian dikatakan oleh Ketua Panitia Jambore Pasraman, IB Gede Subawa seperti dilansir dari website Bimas Hindu Jawa Timur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sraddha (keyakinan) dan bhakti (berbakti) peserta didik, meningkatkan moral dan budi pekerti luhur, meningkatkan solidaritas dan kebersamaan peserta didik, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam wadah NKRI,” kata dia.

0 Response to "Jambore Pasraman Hindu Tingkat Nasional IV Tahun 2016 Resmi Dibuka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel