Contoh Proposal Wirausaha

 “KALII DOOPA”
Description: C:\Documents and Settings\PC 6\Desktop\darshan-premium-125-gram-bungkus.jpg















DISUSUN OLEH
NAMA                  :               KEVIN HIZKIA ARDI PUTRA
SEMESTER           :               III
PRODI                   :               PENERANGAN

SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA

KATA PENGANTAR
                Segala Puji dan Syukur saya panjatkan atas berkat rahmat Sang Hyang Widhi Wasa . Diantara sekian banyak anugerahnya yang membawa  kiya dari jalan jalan yang menjauhkan kita dari jalan kebenaran  menuju jalan yang lebih baik .  Sehingga oleh karenaNya , saya dapat menyelesaikan Proposal ini dengan baik .
                Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk mencari Investor untuk mengembangkan usaha ini . Segala sesuatu hanya Tuhan lah yang bias menyempurnakannya , oleh karena itu saya harapkan kepada bapak atau ibu investor dan juga para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang membangun demi kemajuan Proposal yang nantinya akan saya buat lagi . Saya ucapkan Terimakasih




DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................................................  1
KATA PENGANTAR  ...............................................................................................................  2
DAFTAR ISI ............................................................................................................................  3
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................................................  4
LATAR BELAKANG .................................................................................................................  5
BAB II KEGIATAN USAHA .......................................................................................................  6
BAB III RENCANA PEMASARAN .............................................................................................. 7
BAB IV PERENCANAAN PERMODALAN ...................................................................................  8
BAB V PENUTUP ...................................................................................................................  10




BAB I
PENDAHULUAN
                Usaha saya bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai macam wangi Dupa yang pastinya akan dicari oleh umat umat beragama seperti Hindu dan Budha . Untuk dapat mengembangkan usaha ini , maka usaha saya ini membutuhkan modal agar dapat memproduksi lebih banyak dan dapat menjadi produk yang GO International .
                Melihat kebutuhan Umat beragama Hindu dan Budha terhadap Dupa , maka dari itu saya berencana untuk memperbesar usaha saya , sehingga saya dapat memenuhi kebutuhan pasar . Disamping itu , saya bisa memperkerjakan para pengangguran sehingga meskipun dampaknya kecil , tapi dapat mengurangi angka pengangguran di kota ini .
                Adapun beberapa maksud lain saya mau membesarkan usaha ini
1.       Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan
2.       Menyediakan kebutuhan dupa bagi umat Hindu dan Budha dan bagi Masyarakat luas
3.       Menjalin persahabatan antar pelanggan
4.       Mendapatkan laba



LATAR BELAKANG
                Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakan khususnya umat Hindu dan Budha terhadap Dupa , maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha Dupa yang menyediakan berbagai macam wewangian . Di daerah kota Besar seperti Jakarta ini , sangatlah cocok dengan usaha ini . Karena menurut survey yang saya lakukan setiap rumah yang berisikan umat Hindu atau Budha , pasti akan memerlukan dupa untuk melakukan persembahyanngan . Tidak hanya umat Hindu dan Budha saja yang nantinya akan membeli produk ini , umat beragama lain pun dapat membeli karena fungsi dupa ini selain sebagai media untuk sembahyang bias di gunakan untuk pengharuman ruangan dan juga untuk menambah focus bagi masyarakat yang melakukan Yoga .

Visi dan Misi
Visi         :               Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal media untuk persembahyangan .
Misi        :               Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan




BAB II
KEGIATAN USAHA

Konsep Promosi
Membuat sebuah brosur ( dibagikan di daerah perumahan ) , membuka Stand Stand pada saat ada Event event keagamaan khususnya agama Hindu dan Budha , dan membuat iklan pada media social seperti facebook , Twitter , Instagram , dan Path .

Target Pelanggan
Target Pelanggan Dupa ini adalah : Target utama saya adalah Umat beragama Hindu dan Budha , karena sudah pasti mereka membutuhkan Dupa untuk melakukan Persembahyangan . target kedua saya adalah masyarakat masyarakat yang mengikuti khursus YOGA / PERNAFASAN . Karena Dupa ini dapat menambahkan sensasi Alam yang Natural .

Prespektif masa depan usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan , khususnya di bidang peralatan untuk sembahyang dengan lokasi yang strategis maka saya yakin usaha ini akan berkembang dan maju . Karena kebutuhan rumah tangga akan sangat banyak mengingat setiap melakukan persembahyangan membutuhkan dupa .

Analisi persaingan
Berdasarkan pemantauan dari hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha ini berdekatan dengan tempat ibadah umat Hindu (Pure) . Dengan demikian di setiap Pure pasti di dalamnya sudah terdapat Penjual barang barang yang di butuhkan untuk sembahyang termaksud Dupa . Tetapi , bila dilihat dari persaingan harga  maka produk ini akan dilirik Umat dikarenakan harganya yang relative murah .




BAB II
RENCANA PEMASARAN
Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang di perkirakan akan terjangkau oleh masyarakan dari kalangan bawah sampai atas . Setelah memperhitungkan dengan cukup matang , akhirnya saya tetapkan harga awal . Berikut adalah Tabel harga Produk yang akan saya jual nanti
NO
JENIS PRODUK
HARGA
1
Dupa Harum Dalam Tabung Komposit
Rp.10.000,-
2
Dupa Harum 42cm
Rp.10.000,-
3
Dupa Harum 125gr
Rp.12.000,-
4
Dupa Reguler 250gr
Rp.12.000,-
5
Dupa Aroma Teraphy
Rp.15.000,-

Pelaksanaa Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi Intensif , diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual Produk sebanyak banyaknya dan lebih mendekati konsumen , sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan sebanyak banyaknya .
Strategi Promosi yang akan di Lakukan
a.       Membuat Brosur yang nantinya akan di bagikan ke perumahan Perumahan
b.      Melakukan Iklan di Jejaring Sosial dunia Maya
c.       Membuat tulisan manfaat manfaat Dupa di dalam Toko





BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN

Sumber – Sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian “ Kalii Doopa “ yaitu dari saya sendiri . Sebagai Investasinya untuk itu didirikan perusahaan dalam bidang perdagangan

Tabel Permulaan Perusahaan
NO
BIAYA PRODUKSI/TAHUN (MODAL TETAP)
SAT
JUMLAH
1
Modal Awal Produksi Renovasi awal & Desain Interior
RP
3,000,000.00
2
Kayu Dupa
RP
15,000,000.00
3
Cairan Pengharum berbagai Jenis
RP
15,000,000.00
4
Biaya Gaji Karyawan Tahun Pertama
RP
24,000,000.00
5
Biaya Promosi Awal
RP
2,000,000.00
6
Jumlah Modal Produksi
RP
20,000,000.00
TOTAL
RP
79,000,000.00
NO
BIAYA LAIN LAIN/TAHUN (MODAL VARIABLE/PRODUKSI)
SAT
JUMLAH
1
Listrik
RP
500,000,00
2
Asuransi
RP
3,000,000.00
3
Transportasi
RP
15,000,000.00
4
Administrasi
RP
2,000,000.00
5
Pajak
RP
6,000,000.00
TOTAL
RP
26,500,000.00
TOTAL BIAYA KESELURUHAN/TAHUN (MODAL)
RP
105,500,000.00
TOTAL PENDAPATAN/TAHUN
RP
180,000,000.00
PROYEKSI LABA/RUGI/TAHUN (KEUNTUNGAN)
RP
74,500,000.00






Analisa Swot
Ø  STRENGHT
o   Menjual Produk Untuk Kalangan Bawah sampai Atas ( UMUM )
o   Memiliki Harum yang Khas
o   Konsumen bisa Memberikan permintaan harum apa yang akan Diminati
o   Harga Relativ terjangkau
Ø  WEAKNESS
o   Dikala Musim penghujan , campuran yang sudah di olesi ke Kayu akan Lama Kering
o   Banyaknya Rayap yang memakan batang kayu dupa
Ø  OPPORTUNITY
o   Setiap umat yang beragama Hindu dan Budha pasti memerlukan Dupa untuk sembahyang .
o   Hanya terdapat di Produk kami ketika pembeli me Request harum tertentu
o   Lokasi dekat dengan Tempat Ibadah Umat Hindu ( Pure )
Ø  TREAT
o   Banyaknya competitor menjual produk yang berbahan baku kurang bagus yang dijual dengan harga Murah
o   Akan banyak competitor competitor baru mengingat semakin diperlukannya Dupa
o   Keterlambatan bahan baku apabila Cuaca sedang buruk




BAB V
PENUTUP
Terimakasih kepada Bapak/Ibu Investor dan para pembaca atas waktunya untuk melihat proposal usaha saya . Harapan saya Untuk usaha “DUPA” ialah supaya produk ini bisa berkembang dan maju
Setelah melaksanakan usaha ini , saya dapat mengambil kesimpulan
1.       Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan Pribadi tanpa merugikan Orang lain

2.       Sebelum membuka usaha , ada baiknya seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan .

Subscribe to receive free email updates: