Contoh Proposal Wirausaha
“KALII DOOPA”
DISUSUN OLEH
NAMA : KEVIN HIZKIA ARDI PUTRA
SEMESTER : III
PRODI : PENERANGAN
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU DHARMA NUSANTARA JAKARTA
KATA PENGANTAR
Segala
Puji dan Syukur saya panjatkan atas berkat rahmat Sang Hyang Widhi Wasa .
Diantara sekian banyak anugerahnya yang membawa
kiya dari jalan jalan yang menjauhkan kita dari jalan kebenaran menuju jalan yang lebih baik . Sehingga oleh karenaNya , saya dapat
menyelesaikan Proposal ini dengan baik .
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk mencari Investor
untuk mengembangkan usaha ini . Segala sesuatu hanya Tuhan lah yang bias
menyempurnakannya , oleh karena itu saya harapkan kepada bapak atau ibu
investor dan juga para pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang membangun
demi kemajuan Proposal yang nantinya akan saya buat lagi . Saya ucapkan
Terimakasih
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................................................. 1
KATA PENGANTAR ............................................................................................................... 2
DAFTAR ISI ............................................................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................................................... 4
LATAR BELAKANG ................................................................................................................. 5
BAB II KEGIATAN USAHA ....................................................................................................... 6
BAB III RENCANA PEMASARAN .............................................................................................. 7
BAB IV PERENCANAAN
PERMODALAN ................................................................................... 8
BAB V PENUTUP ................................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
Usaha
saya bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai macam wangi Dupa yang
pastinya akan dicari oleh umat umat beragama seperti Hindu dan Budha . Untuk
dapat mengembangkan usaha ini , maka usaha saya ini membutuhkan modal agar
dapat memproduksi lebih banyak dan dapat menjadi produk yang GO International .
Melihat
kebutuhan Umat beragama Hindu dan Budha terhadap Dupa , maka dari itu saya
berencana untuk memperbesar usaha saya , sehingga saya dapat memenuhi kebutuhan
pasar . Disamping itu , saya bisa memperkerjakan para pengangguran sehingga
meskipun dampaknya kecil , tapi dapat mengurangi angka pengangguran di kota ini
.
Adapun
beberapa maksud lain saya mau membesarkan usaha ini
1.
Berperan aktif dalam bidang bisnis dan
kewirausahaan
2.
Menyediakan kebutuhan dupa bagi umat Hindu dan
Budha dan bagi Masyarakat luas
3.
Menjalin persahabatan antar pelanggan
4.
Mendapatkan laba
LATAR BELAKANG
Dengan
semakin berkembangnya kebutuhan masyarakan khususnya umat Hindu dan Budha
terhadap Dupa , maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha Dupa yang
menyediakan berbagai macam wewangian . Di daerah kota Besar seperti Jakarta ini
, sangatlah cocok dengan usaha ini . Karena menurut survey yang saya lakukan
setiap rumah yang berisikan umat Hindu atau Budha , pasti akan memerlukan dupa
untuk melakukan persembahyanngan . Tidak hanya umat Hindu dan Budha saja yang
nantinya akan membeli produk ini , umat beragama lain pun dapat membeli karena
fungsi dupa ini selain sebagai media untuk sembahyang bias di gunakan untuk
pengharuman ruangan dan juga untuk menambah focus bagi masyarakat yang
melakukan Yoga .
Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat
dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal media untuk
persembahyangan .
Misi : Memberikan dan menerapkan
pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasan pelanggan
BAB II
KEGIATAN USAHA
Konsep Promosi
Membuat sebuah brosur ( dibagikan di daerah perumahan ) ,
membuka Stand Stand pada saat ada Event event keagamaan khususnya agama Hindu
dan Budha , dan membuat iklan pada media social seperti facebook , Twitter ,
Instagram , dan Path .
Target Pelanggan
Target Pelanggan Dupa ini adalah : Target utama saya adalah
Umat beragama Hindu dan Budha , karena sudah pasti mereka membutuhkan Dupa
untuk melakukan Persembahyangan . target kedua saya adalah masyarakat
masyarakat yang mengikuti khursus YOGA / PERNAFASAN . Karena Dupa ini dapat
menambahkan sensasi Alam yang Natural .
Prespektif masa depan usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang
perdagangan , khususnya di bidang peralatan untuk sembahyang dengan lokasi yang
strategis maka saya yakin usaha ini akan berkembang dan maju . Karena kebutuhan
rumah tangga akan sangat banyak mengingat setiap melakukan persembahyangan
membutuhkan dupa .
Analisi persaingan
Berdasarkan pemantauan dari hasil survey yang ada bahwa di
sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha ini berdekatan dengan tempat
ibadah umat Hindu (Pure) . Dengan demikian di setiap Pure pasti di dalamnya
sudah terdapat Penjual barang barang yang di butuhkan untuk sembahyang
termaksud Dupa . Tetapi , bila dilihat dari persaingan harga maka produk ini akan dilirik Umat dikarenakan
harganya yang relative murah .
BAB II
RENCANA PEMASARAN
Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang di perkirakan
akan terjangkau oleh masyarakan dari kalangan bawah sampai atas . Setelah memperhitungkan
dengan cukup matang , akhirnya saya tetapkan harga awal . Berikut adalah Tabel
harga Produk yang akan saya jual nanti
NO
|
JENIS
PRODUK
|
HARGA
|
1
|
Dupa
Harum Dalam Tabung Komposit
|
Rp.10.000,-
|
2
|
Dupa
Harum 42cm
|
Rp.10.000,-
|
3
|
Dupa
Harum 125gr
|
Rp.12.000,-
|
4
|
Dupa
Reguler 250gr
|
Rp.12.000,-
|
5
|
Dupa
Aroma Teraphy
|
Rp.15.000,-
|
Pelaksanaa Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi
Intensif , diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual Produk sebanyak
banyaknya dan lebih mendekati konsumen , sehingga lebih mudah dalam
penjualannya dalam menghasilkan keuntungan sebanyak banyaknya .
Strategi Promosi yang
akan di Lakukan
a.
Membuat Brosur yang nantinya akan di bagikan ke
perumahan Perumahan
b.
Melakukan Iklan di Jejaring Sosial dunia Maya
c.
Membuat tulisan manfaat manfaat Dupa di dalam
Toko
BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN
Sumber – Sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian “ Kalii Doopa “ yaitu
dari saya sendiri . Sebagai Investasinya untuk itu didirikan perusahaan dalam
bidang perdagangan
Tabel Permulaan Perusahaan
NO
|
BIAYA PRODUKSI/TAHUN (MODAL
TETAP)
|
SAT
|
JUMLAH
|
1
|
Modal Awal Produksi Renovasi
awal & Desain Interior
|
RP
|
3,000,000.00
|
2
|
Kayu Dupa
|
RP
|
15,000,000.00
|
3
|
Cairan Pengharum berbagai
Jenis
|
RP
|
15,000,000.00
|
4
|
Biaya Gaji Karyawan Tahun
Pertama
|
RP
|
24,000,000.00
|
5
|
Biaya Promosi Awal
|
RP
|
2,000,000.00
|
6
|
Jumlah Modal Produksi
|
RP
|
20,000,000.00
|
TOTAL
|
RP
|
79,000,000.00
|
NO
|
BIAYA LAIN LAIN/TAHUN (MODAL VARIABLE/PRODUKSI)
|
SAT
|
JUMLAH
|
1
|
Listrik
|
RP
|
500,000,00
|
2
|
Asuransi
|
RP
|
3,000,000.00
|
3
|
Transportasi
|
RP
|
15,000,000.00
|
4
|
Administrasi
|
RP
|
2,000,000.00
|
5
|
Pajak
|
RP
|
6,000,000.00
|
TOTAL
|
RP
|
26,500,000.00
|
TOTAL BIAYA KESELURUHAN/TAHUN
(MODAL)
|
RP
|
105,500,000.00
|
TOTAL PENDAPATAN/TAHUN
|
RP
|
180,000,000.00
|
PROYEKSI LABA/RUGI/TAHUN (KEUNTUNGAN)
|
RP
|
74,500,000.00
|
Analisa Swot
Ø
STRENGHT
o
Menjual Produk Untuk Kalangan Bawah sampai Atas
( UMUM )
o
Memiliki Harum yang Khas
o
Konsumen bisa Memberikan permintaan harum apa
yang akan Diminati
o
Harga Relativ terjangkau
Ø
WEAKNESS
o
Dikala Musim penghujan , campuran yang sudah di
olesi ke Kayu akan Lama Kering
o
Banyaknya Rayap yang memakan batang kayu dupa
Ø
OPPORTUNITY
o
Setiap umat yang beragama Hindu dan Budha pasti
memerlukan Dupa untuk sembahyang .
o
Hanya terdapat di Produk kami ketika pembeli me
Request harum tertentu
o
Lokasi dekat dengan Tempat Ibadah Umat Hindu (
Pure )
Ø
TREAT
o
Banyaknya competitor menjual produk yang
berbahan baku kurang bagus yang dijual dengan harga Murah
o
Akan banyak competitor competitor baru mengingat
semakin diperlukannya Dupa
o
Keterlambatan bahan baku apabila Cuaca sedang
buruk
BAB V
PENUTUP
Terimakasih kepada Bapak/Ibu Investor dan para pembaca atas
waktunya untuk melihat proposal usaha saya . Harapan saya Untuk usaha “DUPA”
ialah supaya produk ini bisa berkembang dan maju
Setelah melaksanakan usaha ini , saya dapat mengambil
kesimpulan
1.
Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat
apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan Pribadi
tanpa merugikan Orang lain
2.
Sebelum membuka usaha , ada baiknya seorang
pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan .
0 Response to "Contoh Proposal Wirausaha"
Post a Comment