STAH DNJ Kembali Gelar KKN di Kendal

HINDUALUKTA -- Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Hindu Dharma Nusantara Jakarta (STAH DN Jakarta) kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Provinsi Jawa Tengah. Kali ini STAH DNJ membidik Dusun Kalipuru, Desa Kalirejo Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

Kegiatan yang dipimpin oleh Dosen STAH I Wayan Kantun tersebut, dibuka langsung Pembimas Hindu Jawa Tengah I Dewa Made Artayasa, 21 April 2017. 

Sambutan Pembimas Jateng
Dalam sambutanya, Made mengatakan STAH Dharma Nusantara adalah bagian dari lembaga yang ada di Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan dan mempunyai program pengabdian masyarakat. Dengan program tersebut STAH Dharma Nusantara dan Bimas Hindu Jawa Tengah bisa bekerjasama dalam peningkatan pendidikan dan ekonomi umat.

"Kerjasama kemitraan adalah bagian utama dalam mengembangkan potensi keumatan pemerintah berupaya meningkatkan ekonomi dengan membangun kerjasama antar Negara dangan peningkatan hubungan bilateral dan penanaman infestasi. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa STAH Dharma Nusantara adalah bagian dari lembaga yang ada di Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan dan mempunyai program pengabdian masyarakat, dengan program tersebut STAH Dharma Nusantara dan Bimas Hindu Jawa Tengah bekerjasama dalam peningkatan pendidikan dan ekonomi untuk kesejahteraan dan tak lupa lembaga Parisada adalah yang memiliki umat didaerah," kata dia di depan para tamu undangan.

Foto Bersama dengan Pembimas Jateng, Ketua PHDI, Dosen, Toko Umat, dan Mahasiswa
Bercermin pada keberhasilan STAH DNJ mengangkat motivasi umat dalam bidang pendidikan dan ekonomi di Kabupaten Wonosobo, Made berharap terbosan yang dilakukan oleh STAH DNJ kali ini dapat menular ke umat Hindu Kabupaten Kendal.

"Bantuan yang telah diberikan telah mengangkat motivasi baik pendidikan maupan peningkatan ekonomi di umat Hindu Kabupaten Wonosobo harapan kami dengan keberlanjutan kerjasama ini dapat menular pada umat Hindu Kabupaten Kendal sehingga semua bisa merasakan," paparnya.

Untuk itu, dirinya berharap pemerintah setempat yang diwakili kepala Desa Kalirejo, turut mendukung pengembangan masyarakat. Pasalnya keberhasilan ekonomi masyarakat terutama dalam memasarkan hasil produksinya, erat kaitanya dengan lembaga pemerintah.

Seperti diketahui pembukaan KKN STAH DNJ tersebut juga dihadiri Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Jawa Tengah, Pembina Kuliah Kerjanyata, Wakil Puket 3 dan perangkat Desa Kalirejo serta umat Hindu di Desa Kalirejo.

KKN kali ini merupakan lanjutan dari KKN sebelumnya yang dilakukan di Desa Larangan, Kabupaten Wonosobo, Jateng 23 Maret 2016 lalu.

Pada tahun 2015 lalu, STAH juga melakukan KKN di Desa Medowo, Kabupaten Kediri Jawa Timur. Semua kegiatan tersebut dilakoni untuk mendukung pengembangan umat Hindu di daerah, baik dari segi ekonomi, maupun pendidikan.

Subscribe to receive free email updates: