7 (Tujuh) Rsi Penerima Wahyu Weda Dalam Ajaran Agama Hindu

HINDUALUKTA -- Pada artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai Pengertian Weda atau Veda sebagai sumber ajaran agama Hindu. Weda secara etimologi berasal dari bahasa sankskerta dari kata "Vid" yang artinya Ilmu Pengetahuan. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) Weda adalah kitab suci agama Hindu yang Tertua. Veda adalah ilmu pengetahuan yang mengandung tuntunan rohani agar manusia mencapai kesempurnaan hidup atau paravidya. Veda juga mengandung ilmu pengetahuan tentang ciptaan Brahman atau aparavidya untuk tujuan memuliakan hidup manusia dan alam semesta.

Dalam catatan sejarah weda diyakini sebagai sastra tertua dalam peradaban manusia yang masih ada sampai saat ini. Ajaran weda pada awalnya di ajarkan secara lisan dengan konsep Upanisad, dimana seorang siswa duduk disamping guru untuk mendengarkan ceramah dari guru atau Rsi. Setelah manusia mengenal tulisan, Maharesi Byasa kemudian menyusun weda seperti yang saat ini kita ketahui.
7 (Tujuh) Rsi Penerima Wahyu Weda Dalam Ajaran Agama Hindu
Image: ardibebangkan

Umat Hindu meyakini bahwa weda pertama kali di wahyukan atau diturunkan melalui 7 (tujuh) Rsi. Ketujuh rsi tersebut diantaranya Rsi Grtsamada, Rsi Visvamitra, Rsi Vamadeva, Rsi Atri, Rsi Bharadvaja, Rsi Vasistha dan Rsi Kanva. Dari ketujuh Rsi di atas akan dijelaskan sebagai berikut:

#1. Rsi Grtsamada

Rsi Grtsamada merupakan rsi keturunan dari Sunahotra, keluarga Angira. Tidak banyak catatan yang membahas mengenai Rsi Grtsamada, namun ada juga yang mengatakan bahwa Rsi Grtsamada adalah keturunan Bhrgu. Kemudian dalam Mahabharata disebutkan bahwa Ia merupakan keturunan maha Rsi Sonaka. Rsi Grtsamada banyak diakaitkan dengan turunnya mantra-mantra Veda terutama RgVeda mandala II.

#2. Rsi Visvamitra

Rsi Visvamitra adalah putra Rsi Musika. Ia banyak dikaitkan dengan turunnya kitab mandala III Rg Veda. Dalam Weda Sruti, dijelaskan bahwa Rsi Visvatamitra adalah salah satu Maha Rsi penerima Sabda suci (Weda). Dalam Adiputra, (2004 : 61) dijelaskan bahwa Ada keterangan lain mengatakan bahwa Visvamitra bukan seorang Brahmana tetapi seorang Ksatria. Penggolongan status seorang Rsi dengan Catur warna itu sesungguhnya tidak menentukan karena bukan merupakan prasyarat seorang Maha Rsi, melainkan akan mengikuti guna karma seseorang.

#3. Rsi Vamadeva

Rsi Vamadeva dalam cerita-cerita Kitab Purana dijelaskan bahwa pernah mengadakan dialog dengan Dewa Indra dan Aditi, suatu hal yang tidak dapat dibayangkan oleh pikiran kita, memberikan penafsira kesempurnaan selagi beliau masih muda. Rsi Vamadeva banyak dikaitkan dengan mandala IV Rg Veda.

#4. Rsi Atri

Rsi Atri banyak dibahas dalam Matsya Purana. Dikatakan bahwa Atri tidak hanya sebagai nama keluarga, tetapi juga sebagai nama pribadi. Rsi Atri merupakan keluarga Brahmanan. Dari Rsi Atri lahir beberapa keluarga seperti Sayana, Udvalaka, Sona, Sukdeva, Gauragriva dll. Rsi Atri sendiri banyak dikaitkan dengan turunnya mantra-mantra mandala V Rg Veda
.
#5. Rsi Bharadvaja

Rsi Bharadvaja dikaitkan dengan keluarga Bharadvaja seperti Nara, Garaga Rjisvan. Adiputra, (1999 : 36) menjelaskan bahwa dalam Kitab Purana dijelaskan bahwa Bharadvaja adalah outra Brihaspati, cerita ini belum dapat dipastikan kebenarannya karena disamping keterangan lain yang mengatakan bahwa Samyu dengan Bharadvaja masih dalam satu keluarga. Rsi Bharadvaja banyak dikaitkan dengan turunnya Mantra-mantra Mandala VI.

#6. Rsi Vasistha

Nama Vasistha dalam Kitab Mahabharata disamakan dengan Visvamitra. Kemudian di kitab Matsya Purana, dinyatakan bahwa Rsi Vasistha mengawini Arundhati, saudara perempuan Devarsi Narada yang kemudian melahirkan seorang putra bernama Sakti (Adiputra, 1999 : 36). Rsi Vasistha memiliki keturunan Rsi Sakti yang juga dikenal sebagai penerimah wahyu. Rsi Vasistha sendiri dikaitkan dengan turunnya mantra mandala VII Rg Veda.

#7. Rsi Kanva

Dalam Adiputra, (1999 : 36) dikatakan bahwa Nama kanva banyak berhubungan dengan nama keluarga dan nama pribadi.  Rsi Kanva dikaitkan dengan turunnya mandala VIII Rg Veda. Mandala VIII diterima oleh maha Rsi Kanva atau merupakan wahyu yang diterima oleh keluarga Sakuntala. Disamping itu ada juga nama-nama lain seperti Kasyapa, putra Marici. Rsi Kanva mempunyai putra bernama Praskanva. Nama-nama rsi yang juga di jumpai dalam mandala VIII adalah Gosukti, Asvasukti, Pustigu, Bhrgu, Manu, Vaivasvata, Nipatithi dll .

Demikian 7 (Tujuh) Rsi Penerima Wahyu Weda Dalam Ajaran Agama Hindu. Perlu diketahui bahwa dalam kitab-kitab Purana, kelompok para Maha Rsi itu banyak. Tiap-tiap masa Manu ada 7 (Sapta Rsinya) sehingga jumlahnyapun banyak pula. Di samping pembagian kelompok Maha Rsi menurut Masa Manu (Manwantara) merekapun dikelompok-kelompokkan lebih jauh ke dalam beberapa kelompok ahli dengan gelar mereka masing-masing yang mana juga dalam Hindu Dharma disebutkan, Weda diturunkan sebagai sabda Tuhan secara langsung dan diturunkan turun temurun dari Tuhan kepada para dewata, dari para dewata kemudian kepada para manu, selanjutnya manu menurunkan dan mengajarkan kepada para resi.

Referensi:

Adiputra, Gede Rudia. 2003. Pengetahuan Dasar Agama Hindu. Jakarta : Pustaka Mitra Jaya.
https://www.mutiarahindu.com/2018/06/7-rsi-penerima-wahyu-weda.html

0 Response to "7 (Tujuh) Rsi Penerima Wahyu Weda Dalam Ajaran Agama Hindu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel