Nilai Nilai Pendidikan dalam Upacara Wetonan Pada Masyarakat Hindu Etnis Jawa

HINDUALUKTA -- Nilai-nilai  dan  norma-norma  yang  terdapat  dalam  sebuah  masyarakat  dibentuk sesuai  dengan  kebutuhan  masyarakat  setempat,  yang  pada  akhirnya  menjadi tradisi. Nilai dari  suatu  tradisi  tentunya  menjadi  menarik  ketika  diketahui  maknanya.  Tidak sekedar  dicibir  atau  bahkan  dianggap  tidak  agamis.  Berbagai  macam  dan  bentuk upacara  tradisional  yang  terdapat  dalam  amsyarakat  merupakan  cerminan  bahwa semua  perencanaan,  tindakandan  perbuatan  telah  diatur  oleh  tata  nilai  yang  luhur. Tata  nilai  yang  dipancarkan  melalui  tata  upacara  adat  atau  upacara  tradisional  ini merupakan  manifestasi  tata  kehidupan  masyarakat  Jawa  yang  serba  hati-hati,  agar dalam  melaksanakan  segala  sesuatu  mendapatkan  keselamatan,  baik  keselamatan secara lahir maupun batin.


Maka  dari  itu,  upacara  Wetonan  yang  sudah  dilaksanakan  sejak  lama  ini  perlu dijaga  dan  dilestarikan  supaya  nilai-nilai  yang  ada  tetap  bisa  dipertahankan  oleh masyarakatnya. Adapun nilai-nilai  pendidikan Hindu yang bisa diambil  dari  upacara wetonan pada masyarakat Hindu Etnis Jawa, yaitu:

A.Nilai Pendidikan Tattwa

Tattwa merupakan intisari ajaran agama Hindu yang harus dipahami dan dihayati oleh  setiap  pemeluknya  sehingga  semua  aktivitas  keagamaan  yang  dilakukan benar-benar  berlandaskan  filosofi  yang  bersumber  pada  ajaran  agama  Hindu. Tattwa  merupakan  dasar  keyakinan  agama  Hindu  yang  mencakup  lima  hal  dasar yang  disebut  Panca  Sraddha  yang  kemudian  melahirkan  Panca  Tattwa  (Widhi Tattwa,   Atma Tattwa,   Karmaphala   Tattwa,   Punarbhawa   Tattwa,   dan   Moksa Tattwa). Dalam pelaksanann upacara Wetonan pada masyarakat Hindu etnis Jawa, nilai Tattwa yang paling dominan yaitu Widhi Tattwa.

Pemahaman  tentang  hakekat  Hyang  Widhi  disebut  Widhi  Tattwa  (Nurkancana, 1999:  17).  Dalam  masyarakat  Jawa  dipahami  bahwa  Tuhan/  Hyang  Widhi  bersifat Maha   Universal,   kekuasaan-Nya   tiada   terbatas.   Beliau   melingkupi   segalanya. Manusia  sebagai  mahkluk  yang  terbatas  memuja  kebesaran  dan  keagungan  Tuhan dengan   berbagai   cara,   antaralain   melalui   perasaan   hatinya   maupun   wujud persembahan yang digunakannya.

Semua  dilukiskan  dalam  bentuk  niyasa  (simbol-simbol)  yang  dicerminkan  dalam berbagai macam sesaji   yang   menyertai   sebuah   upacara.   Dalam   kehidupan beragama  manusia  sangat  memerlukan  apa  yang  bisa  dilukiskan  salah  satunya dalam  bentuk  sesaji  dengan  maksud  agar  lebih  menyentuh  dan  lebih  mudah dihayati.   Melalui   niyasa   umat   Hindu   ingin   menghadirkan   Tuhan   yang   akan disembah  dan  mempersembahkan  isi  dunia  yang  paling  baik  sebagai  cetusan  rasaterimakasihnya.Penggambaran  nilai  ketuhanan  ini  mengingatkan  bahwa  Tuhan selalu  terlibat  dalam  setiap  aktivitas  yang  dilakukan  oleh  manusia  maka  dari  itu manusia  harus  selalu  berada  di  jalan  Tuhan  yaitu  jalan  dharma  karena  Tuhan  lah yang berperan utama. Bhagawgita VII.7 menyebutkan:

Matthah parataram na ‘nyat

Kimchid asti dhananjaya

Mayi sarvam idam protam

Sutre manigana iva

Terjemahan:

Tiada yang lebih tinggi daripada-Ku

Oh Dananjaya, yang ada disini

Semua terikat pada-Ku bagaikan rangkaian

Mutiara pada seutas tali(Pendit, 1996:195)

Sloka  dalam  Bhagawadgita  di  atas  menegaskan  tentang  keagungan  Tuhan  karena hanya kepada-Nya manusia meminta petunjuk dalam melaksanakan kehidupannya dengan tujuan agar kebahagiaan lahir dan batin berupa Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharmadapat tercapai.

B.Nilai Pendidikan Etika

1) Nilai Bhakti

Bhakti berarti cinta kasih yang tulus (Wijayanda, 2004: 25). Rasa bhakti atau rasa cinta  kasih  akan  melahirkan  suatu  keikhlasan  untuk  berkorban.  Umat  Hindu ketika mewujudkan rasa bhaktinya, mereka tidak segan mengeluarkan biaya dan meluangkan  tenaganya  demi  dapat  mempersembahkan  bhaktinya  pada  waktu upacara.   Tanpa   rasa   bhakti   dan   tulus   ikhlas,   sebuah   upacara   tidak   akan terlaksana.  Upacara  akan  menjadi  sia-sia  dan  tidak  memberikan  manfaat  bagi yang   melaksanakan.   Maka   dari   itu   setiap   upacara   yang   dilakukan   harus dilandasi    oleh    perasaan    bhakti    dan    penuh    keikhlasan    sebagai    wujud persembahan  kehadapan  Ida  Sang  Hyang  Widhi  agar  apa  yangdilaksanakan mempunyai  kualitas  Satvika.  Orang  yang  ragu-ragu  dalam  melaksanakan  suatu upacara tidak akan mendapatkan pahala yang baik sesuai harapannya.

Melalui  persembahan  atau  sesaji  umat  Hindu  mewujudkan  rasa  bhakti  atau cintanya kepada Tuhan. Pada dasarnya, Tuhan tidak memrlukan semua sesaji ini karena  Tuhanlah  yang  mengadakan  semua  ini.  Beliaulah  pemilik  dari  segala yang ada di alam semesta ini. Sesaji yang digunakan pada waktu upacara, secara spiritual  memberi  kebahagiaan  kepada  orang  yang  melaksanakannya  karena dengan  semua  ini  mereka  bisa  mencurahkan  rasa  bhakti  dan  cinta  kasihnya. Tuhan  tidak  menikmati  makanan  yang  dipersembahkan  oleh  manusia  tetapi Tuhan menikmati rasa bhakti yang mendasari persembahan itu. Bagi masyarakat awam,   persembahan   berupa   sesaji   diyakini   akan   membuat   Tuhan   menjadi senang.  Seperti  halnya  si  ibu,  dia  yakin  dengan  memberi  bayinya  baju  bagus, maka  bayi  itu  akan  senang.  Cetusan  rasa  cinta  yang  suci  terwujud  dalam keinginan  untuk  memberi  dan  berkorban  menyebabkan  pengorbanan  tersebut menjadi bernilai satvika. Satvika   Yajna   adalah   yajna   yang   dilaksanakan   dengan   keikhlasan   tanpa mengharapkan  hasilnya.   Yajna   ini   dilaksanakan   semata-mata   sebagai   suatu kewajiban   yang   patut dilaksanakan.   Dalam   upacara   ini,   kewajiban   yang dimaksud  adalah  kewajiban  orang  tua  mengupacarai  anaknya.  Sesuai  sastra Bhagawad Gita XVII.11:

Aphalakankshibbhir yajno
Vidhidrishto ya ijyate
Yashtavyam eve ‘ti manah
Samadhaya sa sattvikah

Terjemahan:

Upacara menurut petunjuk kitab-kitab suci dilakukan orang tanpa mengharapkan pahala  dan  percaya   sepenuhnya   upacara   ini   sebagai tugas-kewajiban, adalah sattvika.(Pendit, 2002:409-410)

Kesucian menjadilandasan utama dalam pelaksanaan ajaran agama. Oleh karena itu upacara  yangbermakna  penyucian  hampir  selalu  dijumpai  pada  setiap pelaksanaan yajna. Sradha, kebaktian, ketulusan,   dan   kesucian   hati   yang menyatu  melahirkan  kualitas  spiritual  yang  lebih  tinggi  pada  manusia.  Begitu pula   upacara   tidak   berarti   apa-apa   bila   orang   yang   melaksanakan belum memiliki kesiapan rohani dan jasmani yang suci. Kehidupan yang sesuai dengan ketentuan  moral  dan  spiritual  yang  patut  menjadi  landasan  dalam  pelaksanaan yajna.

2) Nilai kebersamaan

Tradisi-tradisi yang masih dijalankan oleh masyarakat pada umumnya tidak bisa terlepas  dari  nilai-nilai  kebersamaan.  Kebersamaan  menjadi  ciri  khas  utama karena  pada  upacara  yang  pelaksanaannya  tergolong  besar  selalu  melibatkan masyarakat  setempat  untuk  ikut  hadir  dalam  upacara  yang  dimaksud.  Nilai kebersamaan menghasilkan sebuah tata hubungan vertikal horizontal yang lebih erat  karena  dalam  upacara  ini  warga  sekitar  berkumpul  bersama  tanpa  ada sekat-sekat  pembeda  baik  dalam  kelas  sosial,  status  sosial,  perbedaan  agama maupun  golongan.  Upacara  ini  sekaligus  menjadi  ajang  berbaur  dengan  warga masyarakat  lain  yang  dapat  menciptakan  suasana  rukun,  damai,  serta  tentram. Atharwa  Weda  111.30.4  menyatakan  sabda  Tuhan  tentang  persatuan  manusia yaitu:

Yena deva na viyanti no
Ca vidvisate mithah
Tat krnmo brahma vo grhe
Samjnanam purusebhyanh

Terjemahan:

Wahai  umat  manusia,  persatukanlah  yang  menyatukanlah  yang  menyatukan semua  para  dewa.  Aku  memberikan  yang  sama  kepadamu  juga  sehingga  anda mampu menciptakan persatuan diantara anda. (Titib, 347:1998)

Melalui   sloka   diatas   manusia   diingatkan   kembali   untuk   membangun   rasa persatuan  dan  kesatuan  sehingga  terciptalah  kerukunan  dan  keharmonisan. Kerukunan  dan  keharmonisan  menjadi  dasar  dan  landasan  manusia  dalam hidupnya sebagai makhluk sosial.

C.Nilai Pendidikan Upacara

Upacara yajna  merupakan  sebuah  upaya  spiritual  untuk  mendekatkan  diri  pada Hyang  widhi.  Uapcara  sebagai  sebuah  yajna  wajib  dilakukan  oleh  umat  Hindu karena  dalam  ajaran  agama  Hindu  disebutkan  bahwa  manusia  lahir  kedunia  ini memiliki tiga hutang (Tri Rna) yang terdiri dari Dewa Rna (hutang kepada Tuhan), Pitra  Rna  (hutang  kepada  leluhur),  dan  Rsi  Rna  (Hutang  kepada  para  Rsi).  Untuk membayar ketiga jenis hutang tersebut, umat Hindu diarahkan agar melaksanakan Panca  Yajna.  Dewa  Rna  dibayar  dengan  melaksanakan  Dewa  Yajna  dan  Bhuta Yajna,  Pitra  Rna  dibayar  dengan  mengadakan  Pitra  Yajna  dan  manusa  Yajna, sedangakn  Rsi  Rna  dibayar  dengan  Rsi  Yajna.  Demikian  halnya  dalam  upacara wetonan  pada  masyarakat  Hindu  etnis  Jawa,  meskipun  secara  khusus  merupakan wujud  pelaksanaan  upacara  Manusa  Yajna  akan  tetapi  secara  umum  mencakup kelima jenis yajna, meliputi:

1) Dewa Yajna

Dari  rangkaian  upacara,  penggambaran  Dewa  Yajna  jelas  terlukiskan  pada  saat slametan.  Slametan  ini  salah  satunya  ditujukan  kepada  para  dewa  sebagai ucapan  terimakasih  atau  syukur  atas  anugrah  yang  telah  diterima  sehingga dengan  anugrah  yang  diberikan  pihak  keluarga  dapat  mengadakan  upacara slametan.

2) Pitra Yajna

Dengan menggunakan sesaji pada upacara wetonan menjelasakn bahwa upacara ini  bisa  menjadi  media  untukmelestarikan  adat  Jawa  yang  sudah  ada  sejak dahulu  hingga   sekarang,   serta   menerapkan   ajaran   yang  terkandung   dalam agama  Hindu.  Sesaji  dalam  wetonan  ada  yang  ditujukan  kepada  para  leluhur desa  dan  para danyangatau  orang  yang  menjadi  cikal  bakal  berdirinyasuatu desa.   Danyang   sebagai   roh   pelindung   (Tim   Penyusun   dalam   Miswanto, 2009:118). Upacara  ini  bertujuan  untuk  meminta  izin bahwa  ada  pihak  keluarga di  desa  tersebut  yang  akan  melaksanakan  suatu  upacara.  Termasuk  pitra  yajna karena upacara ini bertujuan untuk mendoakan leluhur yang sudah meninggal.

3) Manusa Yajna

Manusa  Yajna  adalah  persembahan  yang  ditujukan  kepada  manusia.  Upacara wetonan identic dengan manusa yajna karena secara umum tujuan dari upacara tersebut adalah utuk keselamatan manusia itu sendiri.

4) Rsi Yajna

Rsi  Yajna  tergambar  dengan  adanya  sesari  pada  sesaji  yang  digunakan.  Sesari tersebut nantinya diberikan kepada pemimpin doa yang telah meimpin upacara sehingga dapat terlaksana dengan baik. 

5) Bhuta Yajna

Bhuta yajna merupakan salah satubagian dari panca yajna yang pelaksanaannya tidak kalah pentingnya. Di dalam veda smrtidisebutkan: 

Tatah swayambhurbhagawan
Awyaktowyanjayannidam
Maha bhutadi wrttaujah
Predurasitata manudah

Terjemahan:

Kemudian  dengan  kekuatan  tapa-Nya,  Ia  Yang  Maha  Ada,  menciptakan  ini, Maha  Bhuta  (unsur alam  semesta)  dan  lainnya  nyata  terlihat  menyalakan kegelapan. 

Pelaksanaan   bhuta   yajna   sangat   penting   karena   bertujuan   untuk   menjalin hubungan  yang  harmonis  dengan  bhuta  kala  (energi  alam)  dan  memanfaatkan daya gunanya.

Kesimpulan

Berdasarkan  pembahasan  maka  dapat  ditarik  sebuah  kesimpulan  yaitu  bahwa wetonan merupakan  peringatan  hari  kelahiran  seseorang  yang  datangnya  setiap  35 hari  sekali  yaitu  berdasarkan  perhitungan  Pancawara  dan  Saptawara.  Pada  bayi, wetonan  yang  dilaksanakan  secara  besar  karena  disertai  dengan  slametan  adalah upacara selapanan (bayi berumur 35 hari), upacara 3 lapanan (bayi berumur 105 hari), dan  upacara  6 lapanan yang  dirangkai  dengan upacara tedhak  siti  (bayi  berumur  210 hari). Dalam  upacara  wetonan  terdapat  nilai-nilai  pendidikan  agama  Hindu,  yang meliputi:  tattwa  (landasan  teologis),  susila  (landasan  etis),  dan  upacara  (landasan perilaku keagamaan). Ketiganya terkandung dalam upacara wetonan, baik dilihat dari aspek material (sesaji) maupun aspek non material (doa-doa) yang digunakan.


0 Response to "Nilai Nilai Pendidikan dalam Upacara Wetonan Pada Masyarakat Hindu Etnis Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel