Tugas Dewa Brahma

HINDUALUKTA -- Dewa Brahma merupakan salah satu Dewa dalam Tri Murti. Tri Murti adalah tiga kekuatan Sang Hyang Wihdi dalam mencipta, memelihara dan melebur alam beserta isinya. Adapun ketiga dari Tri Murti yakni Brahma, Wisnu dan Siwa.

Tugas Dewa Brahma
Patung Catur Muka
Dewa Brahma dalam Tri Murti memiliki Tugas sebagai Dewa Pencipta. Beliau juga disebut Dewa Agni ( Dewa Api). Karena api dapat mencipta dari apa yang belum ada menjadi ada. Seperti contohnya ketika kita lapar. Kemudia memasak beras dan menghasilkan nasi karena adanya api. Seperti itulah Dewata menciptakan dari yang belum ada menjadi ada. Kekuatan menciptakan tersebut disebut Dewa Brahman (Pencipta).

Sakti Dewa Brahman adalah Dewi Saraswati. Dewa Brahman disimbolkan dengan hurut A (Ang). Senjata Dewa Brahman adalah Gada. Arah yang ditempati adalah arah selatan dengan lambing warnah merah. Kekuatan mencipta alam dalam istilah Sanskerta disebut Uttpati.


Dalam Buku Teologi dan Simbol-simbol dalam Agama Hindu (Titib. 2003;189) dijelaskan bahwa Dewa Brahma adalah salah satu dari manifestasi utama Tuhan Yang Maha Esa adalah Brahma, Tuhan Yang Maha Kuasa Sebagai pencipta alam semesta dan sebagai isinya.”Sakti dewa Brahma adalah Sarasvati, dewi ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Seperti halnya dewa-dewa di dalam Veda yang sangat dominan dipuja oleh umat Hindu adalah: Agni, Indra, Vayu dan Surya, di dalam kitab-kitab Purana, juga di dalam kitab-kitab Itihasa, ke empat dewa-dewa yang sangat populer di dalam kitab suci Veda tersebut, digantikan posisinya oleh dewa-dewa Tri Murti, masing-masing Agni diidentifikasikan dengan Brahma, Indra dan Vayu digantikan posisinya oleh Visnu dan surya oleh Siva.

Ketiga devata tersebut, lebih populer dengan sebutan Trimurti, yang 3 wujud utama-Nya; Brahma adalah dewa yang menduduki tempat pertama dalam susunan dewa-dewa Tri Murti, sebagai dewa pencipta alam semesta. Mitologi tentang Brahma muncul pertama kali dan berkembang pada jaman Brahmana. Brahma dianggap sebagai perwujudan dari Brahman, jiwa tertinggi yang abadi dan muncul dengan sendirinya (Zimmer 1953: 125, Liebert 1976: 46).

Baca: Alasan Dewa Brahma Jarang di Puja Menurut Purana

Menurut kitab Satapatha Brahmana, dikatakan bahwa Brahmalah yang menciptakan,menempatkan dan memberi tugas para dewa (Dowson l879:57). Sebaliknya di dalam kitab Mahabharata dan kitab-kitab Purana dikatakan bahwa Brahma merupakan leluhur dunia yang muncul dari pusar Visnu. Sebagai pencipta dunia Brahma dikenal dengan nama Hiranyagarbha atau Prajapati (Dawson 879: 360, Wilkins 1882: 100).

Secara arti kata Brahma sendiri berarti yang tumbuh, yang berevolusi, berkembang, yang bertamba besar, dan yang meluap dari dirinya.



Referensi:

Titib, I Made.  2003. Teologi dan Simbol-simbol dalam Agama Hindu. Surabaya: Paramita
Dowson, John.1987. A Classical Dictionary of Hindu Nythology and Religion, Geography, History and Literature, Rupa & co, New Delhi.


0 Response to "Tugas Dewa Brahma"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel