Pengertian Dewa Brahma, Mantra, Tugas, Kendaraan, Senjata, dan Istrinya

HINDUALUKTA -- Dewa Brahma merupakan salah satu dari tiga dewa Tri Murti dalam kepercayaan agama Hindu. Dewa Brahma menempati posisi pertama sebagai pencipta, Wisnu sebagai dewa Pemeliharan, dan siwa sebagai dewa Pelebur (pralina). Ketiga dewa ini tidak bisa dipisahkan karena memiliki tugas yang sangat penting. Andaikan sepeda, jika salah satu bannya tidak ada, maka tidak bisa berjalan dengan baik. Sama halya dengan Tri Murti, jika salah satunya tidak ada maka alam semesta akan tidak seimbang.

Baca: Dewa Brahma Sang Pencipta

Pengertian Dewa Brahma, Mantra, Tugas, Kendaraan, Senjata, dan Istrinya
Image: criadourositiodasaves
Pengertian Dewa Brahma

Secara etimologi Dewa Brahma berasal dari bahasa sanskerta dari kata Brahmā yang memiliki arti Mantera Suci (Brahma), Pencipta (Utpati), Api (Bromo/Brama). Dalam Buku Teologi dan Simbol-simbol dalam Agama Hindu (Titib. 2003;189) dijelaskan bahwa Dewa Brahma adalah salah satu dari manifestasi utama Tuhan Yang Maha Esa adalah Brahma, Tuhan Yang Maha Kuasa Sebagai pencipta alam semesta dan sebagai isinya.”Sakti dewa Brahma adalah Sarasvati, dewi ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Brahma juga memiliki arti yang tumbuh, yang berevolusi, berkembang, yang bertamba besar, dan yang meluap dari dirinya. 

Mantra Dewa Brahma

Untuk memuja dewa Brahma bisa mengguakan mantra sebagai berikut:

"Om brahma prajapatih srethah
Svayambhuur varado guruh
Padmayonis catur vaktro
Brahmaa sakalam ucyate"

Artinya:

"Oh keseluruhan yang lengkap dan sempurna, sebagai prajapatih, yang mengadakan dirinya sendiri, guru yang muncul dari bunga teratai, memiliki empat muka dalam satu badan, maha sempurna, oh Brahma".

Untuk lebih lengkapnya mengenai Mantra Dewa Brahma bisa di baca pada link di bawah ini:

Baca: Mantra dan Tempat Pemujaan Dewa Brahma

Tugas Dewa Brahma

Dalam Konsep Tri Murti Dewa Brahma menempati posisi sebagai dewa pertama yakni Pencipta alam semesta dan segala isinya. Umat Hindu percaya bahwa segala yang ada di muka bumi ini adalah ciptaan dari dewa Brahma. Dalam Veda, Brahma adalah Trimurti yang bertugas menciptakan semesta dari ketiadaan atau menciptakan ulang dunia pasca dihancurkan oleh Siwa. Terkadang saat ‘sandhya’ -kehancuran parsial-yang terjadi terlalu parah(misalnya saat dunia diterjang banjir besar pada masa Satya-Yuga), Brahma akan datang untuk menciptakan bagian-bagian dunia yang hancur atau perlu ‘diperbaiki’. Ia akan terus melakukan ini selama dirinya masih hidup. Brahma akan hidup selama 72.000 kalpa atau setara dengan 311.040.000.000.000 tahun. Setelah itu, seluruh semesta akan bersatu kembali kepada Brahman (Keberadaan Yang Mahatinggi).

Baca: Alasan Dewa Brahma Jarang di Puja Menurut Purana

Kendaraan dan Senjata Dewa Brahma

Dewa Brahma digambarkan sebagai sosok orang tua yang berkepala empat (Catur Muka) membawa senjata Gada dengan kendaraan Angsa. Catur muka dewa Brahma menghadap ke empat penjuru melambangkankekuasaan terhadap Catur Weda, Catur Yuga (empat siklus waktu), Catur Warna (empat pembagian masyarakat berdasarkan keterampilan). Dia juga dilambangkan seorang pria tua bertangan empat membawa Aksamala/tasbih sebagai simbol tiada awal dan tiada akhir. Kamandalu (kendi) sebagai simbol dari keabadian. Pustaka yang merupakan simbol dari Ilmu Pengetahuan, dan Sruk (sendok besar), dan Surva(sendok biasa) simbol dari upacara yadnya.

Istri atau Pasangan Dewa Brahma

Istri atau pasangan Dewa Brahma adalah Dewi Saraswati yaitu dewi Ilmu pengetahuan dalam agama Hindu. Dia dilambangkan sebagai sosok wanita yang sangat cantik dengan kulit halus dan bersih, sebagai perlambang bahwa ilmu pengetahuan suci akan memberikan keindahan dalam diri (inner beauty kalau orang modern bilang). Saraswati kadang digambarkan duduk atau berdiri diatas bunga teratai, atau angsa, atau burung merak, atau digambarkan bersama ketiga-tiganya. Wahananya sama dengan Brahma yakni angsa, meski kadang ia juga menunggangi merak. Untuk lebih jelasnya mengenai Dewi Saraswati bisa dibaca pada link di bawah.

Baca: Saraswati Dewi Ilmu Pengetahuan

Dewa Brahma disandingkan dengan Dewi Saraswati sebagai dewi Ilmu Pengetahuan. Hal ini merupakan sebuah makna tersirat bahwa suatu penciptaan atau suatu karya tanpa landasan ilmu pengetahuan adalah sia-sia.






0 Response to "Pengertian Dewa Brahma, Mantra, Tugas, Kendaraan, Senjata, dan Istrinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel